Ketika iman bersemi dalam hati sesuai tuntunan syariat, niscaya hati ini rindu terbang ke jannah dan takut siksa neraka

Kamis, 09 Agustus 2012

Siroh Nabi dalam Berdagang


Pertanyaan: assalamukalaikum wr wb
dalam siroh nabi pernah di terangkan bahwa rasul pernah berniaga ikut paman nya, apa ada nash yang lengkap tentang rasul sampai mendapatkan hasil perniagaan yang berlimpah sehingga dapat menikahi ibunda Khadijah dengan mahar seratus unta merah, sukron

wasalamukalaikum wr wb

  Jawab:

Waalaikumus salaam warohmatullahi wabarokatuh
Yang ana ketahui sebagaimana yang disebutkan Imam Adz-dzahabi dalam siyar a’laam an-nubala’: 2/114, dan Beliau menukil dari Ibnu Ishaq rahimahullah,pengarang kitab siroh bahwa pada saat Khadijah radhiallahu anha menawarkan kepada Nabi (yang tentunya pada saat itu Beliau belum berstatus sebagai Nabi dan Rasul) untuk keluar membawa hartanya menuju Syam. Maka Beliau pun keluar bersama Maisaroh. Maka tatkala tiba kembali, maka Khadijah menghitung hasil dagangannya, maka hasil berlipat ganda. Maka Khadijah radhiallahu anha tertarik padanya, lalu Ia pun menawarkan dirinya kepada Rasulullah, dan Beliau menikahinya, dan memberi kepadanya mahar sebesar 20 ekor onta betina.
Demikian pula yang disebutkan oleh Ibnu Hisyam dalam siroh-nya: 2/9. Dan ini pula yang dipegang oleh Ibnu Katsir rahimahullah dalam Al-Bidayah wan-nihayah: 2/294,dan Shofiyyur Rohman AL-Mubarokfuri dalam kitabnya: Ar-Rohiiq Al-Makhtum: hal: 73.
Namun Al-Imam Adz-Dzahabi menukil ucapan Ibnu Ishaq tanpa sanad, sehingga riwayat ini pun belum menunjukkan keshahihannya,untuk dapat dijadikan sebagai pegangan.
Wallahu a’lam.
Adapun yang ditanyakan riwayat mahar seratus ekor onta merah,hingga saat ini ana belum pernah mendapatkannya .
Wallahu a’lam.


-- Al Ustadz Abu Karimah Askary --

Tidak ada komentar:

Posting Komentar