Ketika iman bersemi dalam hati sesuai tuntunan syariat, niscaya hati ini rindu terbang ke jannah dan takut siksa neraka

Senin, 23 Juli 2012

Kembalilah ke Taman Surga


Saudaraku, …
aku memang bukan ulama’ yang hafal beribu-ribu hadits
dan menulis berjilid-jilid kitab
walaupun begitu aku tetap saudaramu seakidah yang mencintai kebaikan bagimu sebagaimana aku menyenanginya bagi diriku


Saudaraku, …
bisa jadi engkau lebih banyak memiliki hafalan daripadaku
bisa jadi engkau lebih senior dan lebih cerdas daripadaku
namun kukira engkau masih mau menerima nasehat dari saudaramu

Saudaraku, …
sadarkah engkau bahwa kematian mengintai dirimu
hari kebangkitan dan perhitungan ada di hadapanmu
semuanya harus dipertanggung jawabkan di hadapan-Nya

Saudaraku, …
semua tingkahmu terlihat tidak ada satupun yang tidak tercatat
pintu kamar bisa kau tutup dan kau kunci lampu pun bisa kamu padamkan
tapi ada sepasang mata yang selalu mengawasimu
meskipun engkau tidak pernah melihatnya
engkau tidak bisa bersembunyi
kemanapun engkau lari dengan kemaksiatan dan kesia-siaan

Saudaraku, …
kebenaran ada di hadapanmu majelis ilmu bertebaran di sekelilingmu
tidakkah engkau tergerak untuk menghampirinya
mereguk cahaya ilmu dan merasakan kesejukannya

Saudaraku, …
aku memang bukan dosen yang bisa memaksamu
mengerjakan tugas ini dan itu aku juga bukan rektor
yang bisa mengusirmu dari bangku kuliah
tapi aku sekedar sahabat dan saudaramu yang sedih
menyaksikan cara hidupmu

Saudaraku, …
kesempatan dan kesehatan selama ini mungkin terlalu terbuka lebar bagimu
sehingga dengan seenaknya kau sia-siakan dan kau telantarkan

Saudaraku, …
kehidupan penuh dengan tantangan sementara ilmu sangat dibutuhkan
ilmu tentang Ar Rohman dan tentang bagaimana menjalani kehidupan
tentang bagaimana berakhlak mulia tuk menggapai surga

Saudaraku, …
aku memang bukan ulama’
walaupun begitu aku tetap saudaramu seakidah yang mencintai kebaikan bagimu sebagaimana aku menyenanginya bagi diriku

Saudaraku, …
jangan sia-siakan kesempatan ini mungkin tahun depan atau bahkan besok
engkau tidak bisa menemukannya lagi
lalu ketika itu penyesalanmu tiada berguna lagi
’mengapa dulu aku tidak bersungguh-sungguh menimba ilmu syar’i’

Saudaraku…
dunia itu hina walaupun semua orang mengatakannya berharga
dunia tetap hina dan akhiratlah yang lebih mulia
dunia akan binasa sedangkan akhirat kekal selamanya
Apakah yang kau kejar wahai saudaraku sementara kematian mengejarmu ?





Dari seorang penuntut ilmu syar’i ma’had Al ’Ilmi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar