♦ Siapakah asy-Syaikh al-‘Allamah Ahmad bin Yahya an-Najmi rahimahullah?
ü Nama dan Nasab Beliau
Beliau
adalah asy-Syaikh al-’Allamah al-Muhaddits al-Musnid al-Faqih, pembawa
bendera sunnah dan hadits di Propinsi Jazan dan sekaligus mufti -di
masanya-, Ahmad bin Yahya bin Muhammad bin Syabir an-Najmi. Alu Syabir
(keluarga Syabir) dari Bani Hummad, salah satu kabilah terkenal di
Propinsi Jazan.
ü Kelahiran Beliau
Beliau
di lahirkan di Desa an-Najamiyah, bagian utara Kota Shamithah, Propinsi
Jazan, pada tanggal 22 Syawwal 1346 H (89 tahun yang lalu). Beliau
tumbuh dan berkembang sebagai putra tunggal yang senantiasa mendapatkan
perhatian dari kedua orang tuanya yang shalih.
ü Latar Belakang Pendidikan Beliau
1-
Ketika memasuki usia sekolah, beliau dimasukkan di sekolah anak-anak
yang ada di Desa an-Najamiyah. Di situlah beliau mengawali belajar
membaca dan menulis serta qira’atul Qur’an. Sejak kecil, tanda-tanda
kejeniusan telah tampak pada diri beliau seiring dengan semangat yang
tinggi dalam menuntut ilmu. Beliau menghabiskan masa belajar di usia
dini tersebut di sekolah swasta yang ada di Desa an-Najamiyah dan
berakhir pada tahun 1358 H. Selama itu beliau telah menghatamkan bacaan
al-Qur’an sebanyak tiga kali. Di antara guru al-Qur’an beliau adalah
asy-Syaikh Abduh bin Muhammad ‘Aqil an-Najmi dan asy-Syaikh Yahya Faqih
‘Absi al-Yamani.
2-
Pada tahun 1359 H (usia 13 th), beliau belajar beberapa hari sekali di
Kota Shamithah kepada seorang ‘ulama terkemuka dan pembaharu agama
(mujaddid) di bagian selatan Kerajaan Saudi Arabia asy-Syaikh
al-‘Allamah ‘Abdullah al-Qar’awi rahimahullah. Beliau melakukan
kegiatan tersebut dengan ditemani oleh kedua paman beliau yang bernama
Hasan bin Muhammad an-Najmi dan Husain bin Muhammad an-Najmi. Namun
karena faktor kondisi yang sulit kala itu, akhirnya tidak berlanjut.
3-
Pada Bulan Shafar tahun 1360 H (usia 14 th), secara resmi beliau
mendaftar di al-Madrasah as-Salafiyyah di Kota Shamithah yang dikelola
oleh asy-Syaikh al-‘Allamah ‘Abdullah al-Qar’awi rahimahullah. Di
madrasah tersebut, beliau dikelompokkan bersama teman-teman yang
sebayanya. Beliau belajar al-Qur’an kepada asy-Syaikh Utsman bin Utsman
Hamli rahimahullah dengan bacaan yang mujawwad (sesuai kaidah ilmu tajwid). Sebagaimana pula beliau menghafal matan Tuhfatul Athfal, Hidayatul Mustafid, ats-Tsalatul Ushul, al-‘arba’in an-Nawawiyyah, al-Hisab, dan menguasai khath (tata tulis arab).
4-
Jam belajar yang dicanangkan untuk beliau dan teman-teman sebayanya
-ketika itu- dari pagi hingga zhuhur. Namun, beliau tidak puas sampai
di situ. Sehingga setiap kali selesai dari jam belajar tersebut, beliau
melanjutkan belajar bersama kelompok orang dewasa yang langsung
dibimbing oleh asy-Syaikh al-‘Allamah ‘Abdullah al-Qar’awi rahimahullah
dengan jam belajar dari ba’da zhuhur hingga shalat isya’. Selepas
shalat isya’, beliau pulang ke rumahnya di Desa an-Najamiyah dengan
ditemani kedua paman beliau Hasan bin Muhammad an-Najmi dan Husain bin
Muhammad an-Najmi. Beliau menjalani proses belajar seperti itu dengan
penuh semangat dan kesabaran. Semua mata pelajaran yang beliau pelajari
dapat dikuasai dengan baik, termasuk mata pelajaran yang di kelompok
orang dewasa. Sehingga hal itu menjadi perhatian tersendiri bagi
asy-Syaikh al-‘Allamah ‘Abdullah al-Qar’awi rahimahullah.
5-
Setelah berjalan empat bulan dari proses belajar tersebut, akhirnya
secara resmi beliau dimasukkan ke dalam kelompok belajar orang dewasa,
padahal usia beliau saat itu 14 tahun. Di antara yang beliau pelajari
ketika itu adalah; kitab ar-Rahabiyyah di bidang ilmu faraidh, kitab al-Ajurumiyyah di bidang ilmu Nahwu, Kitab at-Tauhid, Bulughul maram, al-Baiquniyyah, Nukhbatul Fikar dan syarahnya Nuzhatun
Nazhar, Mukhtasharat fis Sirah, Tashrif al-Ghazzi, al-‘Awamil fi
an-Nahwi Mi’ah, Alfiyah Ibn Malik, al-Waraqat, al-‘Aqidah
ath-Tahawiyyah, ad-Durar al-Bahiyyah dan syarahnya ad-Darari al-Mudhiyyah, dll.
6- Pada tahun 1362 H, asy-Syaikh al-‘Allamah ‘Abdullah al-Qar’awi rahimahullah membagikan kepada para murid kitab Shahih al-Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abi Dawud, Sunan an-Nasa’i, dan Muwaththa’ al-Imam Malik.
Mereka mempelajari lima kitab besar tersebut dari asy-Syaikh ‘Abdullah
al-Qar’awi. Namun kajian kitab-kitab tersebut sempat terhenti karena
bertepatan dengan musim paceklik yang dahsyat. Pada tahun 1364 H, Allah
memudahkan mereka untuk melanjutkan kembali kajian lima kitab besar
tersebut hingga tamat. Dengan itu, mereka mendapatkan ijazah untuk
meriwayatkannya dari asy-Syaikh ‘Abdullah al-Qar’awi rahimahullah.
7- Pada tahun 1369 H, beliau belajar kepada asy-Syaikh Ibrahim bin Muhammad al-‘Amudi rahimahullah, Qadhi Shamithah kala itu kitab Ishlah al-Mujtama’ dan kitab karya asy-Syaikh al-‘Allamah Abdurrahman as-Sa’di di bidang fiqih al-Irsyad Ila Ma’rifatil Ahkam.
Sebagaimana pula beliau belajar dari asy-Syaikh ‘Ali bin asy-Syaikh
‘Utsman Ziyad ash-Shumali atas arahan dari asy-Syaikh ‘Abdullah
al-Qar’awi kitab al-‘Awamil fin Nahwi Mi’ah di bidang nahwu, dan beberapa kitab lainnya di bidang nahwu dan sharaf.
8-
Pada tahun 1384 H, beliau berkesempatan hadir di majlis taklim
asy-Syaikh al-‘Allamah Muhammad bin Ibrahim alusy Syaikh -Mufti
Kerajaan Saudi Arabia kala itu- rahimahullah kajian kitab Tafsir Ibnu Jarir ath-Thabari
selama + dua bulan. Sebagaimana pula di tahun yang sama beliau
berkesempatan hadir di majlis taklim asy-Syaikh al-‘Allamah ‘Abdul ‘Aziz
bin Baz rahimahullah kajian kitab Shahih al-Bukhari antara maghrib dan isya’, selama + satu bulan setengah.
ü Guru-guru Beliau
Dari
keterangan yang lalu dapat diketahui bahwa guru beliau yang paling
utama adalah asy-Syaikh al-‘Allamah ‘Abdullah al-Qar’awi rahimahullah. Adapun guru-guru beliau yang lainnya, antara lain;
- Asy-Syaikh al-‘Allamah Hafizh bin Ahmad al-Hakami.
- Asy-Syaikh Ibrahim bin Muhammad al-‘Amudi, Qadhi Shamithah di masanya.
- Asy-Syaikh ‘Abduh bin Muhammad ‘Aqil an-Najmi.
- Asy-Syaikh ‘Utsman bin ‘Utsman Hamli.
- Asy-Syaikh ‘Ali bin ‘Utsman Ziyad ash-Shumali.
- Asy-Syaikh al-‘Allamah Muhammad bin Ibrahim Alusy Syaikh.
- Asy-Syaikh Yahya Faqih ‘Absi al-Yamani.
- Asy-Syaikh al-‘Allamah ‘Abdul ‘Aziz bin Baz.
ü Tugas dan Jabatan Beliau
- Beliau bertugas sebagai pengajar di beberapa madrasah asy-Syaikh Abdullah al-Qar’awi secara sukarela.
- Pada tahun 1367 H, beliau ditunjuk oleh Pemerintah sebagai pengajar di desa beliau an-Najamiyah.
- Pada tahun 1372 H, beliau ditunjuk sebagai imam masjid dan pengajar di Desa Abu Subailah di daerah Aridhah.
- Ketika berdiri al-Ma’had al-Ilmi di Kota Shamithah tepatnya pada tanggal 1 Muharram 1374 H, beliau ditunjuk sebagai pengajar di ma’had tersebut. Setelah mengajar + selama sepuluh tahun, tepatnya tahun 1384 H beliau mengundurkan diri dari mengajar dengan harapan hendak melanjutkan belajar di Universitas Islam (al-Jami’ah al-Islamiyyah) Madinah. Berangkatlah beliau ke Kota Madinah, namun karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan akhirnya beliau pulang ke kampung halaman.
- Sepulang dari Kota Madinah -masih di tahun 1384 H- tersebut, beliau ditunjuk oleh Wizarah al-‘Adl Propinsi Jazan sebagai wa’izh dan mursyid (pembimbing dan penasehat) masyarakat. Beliau menjalani tugas mulia tersebut dengan sebaik-baiknya hingga pertengahan tahun 1387 H (+ 3 tahun).
- Setelah itu beliau mengajukan permohonan untuk kembali mengajar, hingga pada tanggal 1 Rajab 1387 H, beliau ditunjuk sebagai pengajar di al-Ma’had al-‘Ilmi di pusat Kota Jazan.
- Pada tahun 1389 H di awal tahun ajaran, beliau pindah dari pusat Kota Jazan ke Kota Shamithah guna mengajar kembali di al-Ma’had al-‘Ilmi yang ada di sana. Beliau mengajar di ma’had tersebut hingga memasuki masa pensiun, 1 Rajab 1410 H. Beliau mengajar + selama 21 tahun.
- Sejak memasuki masa pensiun, beliau sibuk mengajar di rumah kediaman beliau, di masjid dekat rumah beliau, dan taklim pekanan di sejumlah masjid yang ada di Propinsi Jazan. Semua itu beliau lakukan seiring dengan tugas fatwa yang beliau emban.
ü Kiprah Beliau di Dunia Dakwah
Kiprah
beliau dalam dunia dakwah sangat luas. Posisi beliau sebagai seorang
mufti Propinsi Jazan banyak memberikan kemanfaatan ilmu bagi masyarakat
Propinsi tersebut pada khususnya dan Saudi Arabia pada umumnya, bahkan
masyarakat muslim di luar Saudi Arabia.
Jasa
beliau dalam membimbing umat kepada manhaj salaf sangat besar. Demikian
pula kegigihan beliau dalam membentengi umat dari berbagai syubhat yang
ditebarkan oleh para pengusung bid’ah sangat tampak, baik dengan
membantah syubhat-syubhat tersebut ataupun dengan menjelaskan kondisi
para pengusungnya. Menjelaskan kebenaran dan membantah kebatilan tak
bisa dipisahkan dari perjalanan hidup beliau. Hal ini mengingatkan kita
akan perkataan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah,
أَنَّ
هَذِهِ الْأُمَّةَ – وَلِلَّهِ الْحَمْدُ – لَمْ يَزَلْ فِيهَا مَنْ
يَتَفَطَّنُ لِمَا فِي كَلَامِ أَهْلِ الْبَاطِلِ مِنْ الْبَاطِلِ
وَيَرُدُّهُ.
“Bahwasanya umat ini –walillahil hamdu-
senantiasa ada di tengah-tengah mereka orang-orang yang tanggap
terhadap kebatilan yang terdapat pada perkataan ahlul batil dan
membantahnya.” (Majmu’ Fatawa 9/233)
Beliau
tergolong ‘ulama kibar berskala internasional yang dijadikan rujukan
oleh Ahlus Sunnah as-Salafiyyun dalam menyibak berbagai persoalan
musykil. Para ‘ulama sunnah dan thalabatul ilmi sangat menghormati dan
menghargai beliau.
Tak heran bila asy-Syaikh al-‘Allamah Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah -salah
seorang murid beliau- menggelari beliau dengan al-‘Allamah (seorang
yang sangat luas ilmunya), Hamil Rayati al-Hadits wa at-Tauhid wa
as-Sunnah fi Manthiqah Jazan (Pembawa bendera hadits, tauhid, dan sunnah
di Propinsi Jazan).
ü Murid-murid Beliau
Perjalanan
dakwah dan taklim yang beliau jalani selama + setengah abad tentu
membuahkan murid-murid yang banyak jumlahnya. Generasi demi generasi
dari para penuntut ilmu, khususnya dari Propinsi Jazan banyak yang
menimba ilmu dari beliau. Amat sulit untuk menyebutkan satu persatu dari
mereka. Di antara murid-murid beliau yang kesohor adalah,
- Asy-Syaikh al-‘Allamah al-Muhaddits Nashir as-Sunnah Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah.
- Asy-Syaikh al-‘Allamah al-Faqih Zaid bin Muhammad bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah.
- Asy-Syaikh al-‘Allamah Ali bin Nashir Faqihi hafizhahullah.
- Asy-Syaikh al-‘Allamah Muhammad bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah.
Mereka adalah murid-murid yang mulia dari seorang guru yang mulia.
ü Karya-karya Tulis Beliau
Beliau mempunyai sejumlah karya tulis yang sangat berharga, di antaranya;
- Audhahul Isyarah fi ar-Rad ‘ala man Abaha al-Mamnu’ min az-Ziyarah.
- Ta’sis al-Ahkam syarh ‘Umdatul Ahkam.
- Tanzihu asy-Syari’ah ‘an Ibahati
al-Aghani al-Khali’ah.
- Risalah fi Hukmi al-Jahr bil Basmalah.
- Risalah al-Irsyad ila Bayanil Haq fi Hukmi al-Jihad.
- Fathu ar-Rabb al-Wadud fi al-Fatawa wa ar-Rudud.
-
Al-Maurid al-‘Adzbi az-Zulal fiman Taqada ‘ala Ba’dhi al-Manahij
ad-Da’awiyyah min al-‘Aqa’id wal A’mal. Kitab beliau ini di taqrizh
(dipuji dan direkomendasi) oleh asy-Syaikh al-‘Allamah shalih bin Fauzan
al-Fauzan Hafizhahullah dan asy-Syaikh al-‘Allamah Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah.
- Dll.
ü Wafat Beliau
Beliau
wafat pada Hari Rabu, 20 Rajab 1429 H (23 Juli 2008 M) dan di makamkan
pada Hari Kamis, 21 Rajab 1429 H (24 Juli 2008 M) di Desa an-Najamiyah
yang terletak di bagian utara Kota Shamithah. Beliau wafat pada usia 83
tahun, rahimahullah rahmatan wasi’ah wa ghafara lahu, wa askanahu fasiha jannatih…. Amiin.
(Bersambung insya Allah)
Raji rahmatal Ghafuri
Ruwaifi’ bin Sulaimi al-Atsari
Jember, 16 Muharram 1435 H / 19 November 2013 M
Sumber Bacaan
- Tarjamah asy-Syaikh Ahmad bin Yahya bin Muhammad bin Syabir an-Najmi, yang ditulis oleh asy-Syaikh Muhammad bin Hadi al-Madkhali hafizhahulah.
- Maktabah Syamilah, Arsyif Multaqa Ahlil Hadits.
- Taqrizh Fadhilatisy Syaikh Prof. Dr. Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah terhadap kitab beliau Al-Maurid al-‘Adzbu az-Zulal fiman Taqada ‘ala Ba’dhi al-Manahij ad-Da’awiyyah min al-‘Aqa’id wal A’mal.
oleh : Ruwaifi bin Sulaimi al-Atsari
Sumber : dammajhabibah.net
Tidak ada komentar:
Posting Komentar