Sesungguhnya Allah menciptakan
segenap alam agar mereka ber`ibadah kepadaNya, mengutus para rasul
`Alaihimussalaam untuk menyeru semua manusia agar mentauhidkanNya, al Quraanul
Karim banyak dibanyak surat menekankan tentang arti pentingnya tauhid
menjelaskan bahaya syirik atas pribadi dan masyarakat, al Quraan dan as Sunnah
menerangkan kepada kita pengaruh yang baik sekali atas tauhid tersebut,
dimana
tauhid itu jika diamalkan oleh seseorang baik pribadi maupun masyarakat didalam
kehidupan serta diwujudkan secara hakiki (murni), niscaya akan menghasilkan
buah yang sangat manis diantaranya adalah: “Membentuk kepribadian yang kokoh,
ia membuat hidup dan pengalaman seorang ahli tauhid begitu istimewa, tujuan
hidupnya jelas, tidak ber`ibadah kecuali hanya satu (ilaah)* saja. Kepada-Nya
ia menghadap, baik dalam kesendirian atau ditengah keramaian orang, ia berdo’a
dalam keadaan sempit maupun lapang”.Berbeda dengan seorang musrik yang hatinya terbagi untuk Ilaah selain Allah dan ma`buudaat (yang di`ibadati selain Allah `Azza wa Jalla) yang banyak suatu saat ia menghadap kepada orang hidup, pada saat lain ia menghadap kepada orang yang mati. Artinya terkadang ia meminta kepada yang hidup sebagai perantara (wasilah) antara ia dengan Allah Jalla wa `Alaa untuk menyampaikan hajat hajat mereka, seperti tuan guru, kyai, jin, syaithon dan lain sebagainya. Adapun pada yang mati, seperti berziarah kekuburan para wali yang dikeramatkan, sunan sunan, tempat tempat keramat, dan sejenisnya. Ini adalah ciri hati orang yang sudah terpecah pecah akibat kesyirikan demikian pula orang-orang yang aqidahnya tidak lurus, tauhidnya tersesat lagi tidak tepat kepada Allah Subhaana wa Ta`aalaa, kehidupannya bahkan demikian dan disangsikan, dari sinilah perkataan Nabi Yusuf `Alaihi wa Sallaam kepada orang yang didalam penjara tersebut, dimana Allah Tabaaraka wa Ta`aalaa telah mengabadikan di dalam al Quraan, Allah berfirman:
ياصابى
السجن ءأرباب متفرقون خير أم الله الواحد القهار)). سورة يوسف :
39.))
Artinya “ Hai kedua penghuni penjara, manakah yang lebih baik Ilaah-ilaah yang bermacam-macam itu ataukah Allah Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa ?” (Yusuf : 39)
Artinya “ Hai kedua penghuni penjara, manakah yang lebih baik Ilaah-ilaah yang bermacam-macam itu ataukah Allah Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa ?” (Yusuf : 39)
Beribadah kepada ilaah yang
bermacam-macam merupakan karateristik Yahudi dan Nashara, sebagaimana Allah
Tabaaraka wa Ta`aalaa berfirman:
((اتخذوا
أحبارهم ورهبانهم أربابا من دون الله والمسيح ابن مريم وما أمروا إلا ليعبدوا إلها واحدا لا إله إلا هو سبحانه عما
يشركون)) سورة التوبة:31))
Artinya : “Mereka telah
menjadikan orang orang alim mereka dan rahib rahib mereka sebagai ilah selain
Allah, dan (juga mereka meng ilahkan) al Masih putera Maryam, padahal mereka
hanya disuruh beribadah hanya kepada Allah saja, tidak ada Ilaah yang berhak
untuk di`ibadati selain Dia, Maha Suci Allah dari apa yang mereka
persekutukan”))surat at-Taubah :31
Ketika Rasulullahi Shollallahu
`Alaihi wa Sallam membaca ayat ini datanglah `Adiy bin Haatim kepada beliau,
saat itu di dadanya masih ada salib, berkata `Adiy bin Haatim : “se sungguhnya
kami tidak pernah meng`ibadati mereka”, Rasulullah menanggapi; “Bukankah mereka
itu megharamkan apa yang telah dihalalkan oleh Allah Subhaana wa Ta`aalaa lalu
kalianpun ikut mengharamkannya?!, dan bukankah mereka itu menghalalkan apa yang
telah diharamkan oleh Allah `Azza wa Jalla lalu kalianpun ikut menghalalkannya
juga?!” `Adiy menjawab : “Benar”! maka beliau bersabda : “Itulah `ibadah mereka
kepada orang orang yang `alim dan rahib mereka!” Hadist ini diriwayatkan oleh :
At-Tirmidzi dan dinyatakan hasan oleh beliau (**). Demikian pula orang orang
nashara telah menjadikan Isa bin Maryam sebagai Ilah (di`ibadati oleh mereka
selain Allah Tabaaraka wa Ta`aalaa), dikalangan mereka berpecah belah didalam
memahami tentang `Isa bin Maryam, sebahagian mereka mengatakan, `Isa adalah
Ilah, sebahagian lain mengatakan, anak Allah, serta trinitas ini merupakan
perpecahan yang terjadi didalam tubuh nashara tersebut.
Sedangkan orang mukmin dia hanya
beribadah kepada Allah saja, ia mengetahui apa yang diridhoi oleh Allah dan
yang dimurka -Nya, sehingga ia hanya akan melakukan apa yang membuatNya ridho
dan hatinya tentram. Sementara orang-orang musrikin (orang-orang musrik)
meng`ibadahi ilah ilah yang sangat banyak, `ibadah mereka ditujukan kadang
kadang kepada jin, syaithon, kuburan kuburan para wali atau orang sholeh, kyai,
dukun dukun dan lain sebagainya. Demikianlah
tujuan mereka dalam ber`ibadah, maka akibat dari yang demikian tauhid mereka
tidak benar. Terkadang ma`buud selain Allah Jalla wa `Alaa tersebut
menginginkannya kekanan, sedangkan lainnya kekiri, seseorang itu akan menjadi
terombang ambing diantara peribadatan selain Allah Ta`aalaa itu, dia tidak
memiliki prinsip dan ketetapan sedikitpun. Dan keadaan ini sesuai dengan apa
yang digambarkan oleh Allah didalam surat Toha ayat: 124-126. Allah
berfirman :
((ومن
أعرض عن ذكرى فإن له معيشة ضنك ونحشره يوم القيامة أعمى. قال رب لما حشرتني أعمى وقد كنت بصيرا. قال كذلك أتتك آياتنا
فنسيتها وكذلك اليوم تنسى)). سورة طه : 124-126.
Artinya “Dan barang siapa yang berpaling dari peringatanKu, maka
sesungguhnya baginya kehidupan yang sangat sempit, dan Kami akan
membangkitkannya pada hari kiamat nanti dalam keadaan buta.” Berkata dia : “Ya
Rabku, kenapa Engkau menghimpunkan saya dalam keadaan buta, padahal aku
dahulunya di dunia adalah seorang yang melihat?” Allah berkata : “Demikianlah,
telah datang kepadamu ayat ayat Kami, maka kamu melupakannya, dan begitu juga
pada hari ini kamu dilupakan.” Surat Toohaa : 124-126.
Maka dari itu, sebahagian besar kaum muslimin yang tidak memiliki prinsip
dan ketetapan tauhid mereka berbondong-bondong berziarah kekuburan kuburan para
wali yang dikeramatkan, meminta (berdo`a) kepada mereka supaya hajat mereka
dikabulkan oleh Allah Ta`aalaa. Mereka menjadikan para wali tersebut sebagai
wasilah (perantara) antara mereka dengan Allah Tabaaraka wa Ta`aalaa. Ini
merupakan salah satu bentuk kesyirikan yang telah dilakukan oleh kafir Quraisy
dahulu. Misalnya kuburan di Hadhramaut (Yaman) yang paling banyak dikunjungi
oleh masyarakat Indonesia, pada umumnya banyak kalangan menduga itu adalah
kuburan Nabi Hud, akan tetapi sanadnya zhulumat (penuh dengan kegelapan) (***),
dari Indonesia ribuan yang berangkat kesana untuk mengambil berkah,
menyampaikan hajat-hajat mereka kepadanya, inaa lillah wa ina ilaihi roji’uun
ini adalah kesyirikan yang sangat besar! Pelakunya akan kekal di neraka kalau
dia tidak bertaubat sebelum meninggal.
Tauhid sumber keamanan manusia, sebab tauhid memenuhi hati para ahlinya
dengan keamanan dan ketenangan, tidak ada rasa takut kecuali kepada Allah
Subhaana wa Ta`aalaa saja, semua rasa takut yang diarahkan kepada selain Allah
Ta`aalaa dikategorikan kesyirikan, kecuali takut fitrah (tabiat/instink)nya
manusia, seperti takut kepada api, tenggelam, gelap, binatang buas, akan tetapi
kalau takut tabiat/instink itu membawa kepada meninggalkan wajib (perintahNya)
serta terjerumus kepada yang haram maka hukumnya juga haram.(****).
Tauhid menutup rapat celah celah kekhawatiran terhadap rizki, jiwa dan
keluarga, sehingga seorang yang bertauhid tadi jalurnya lurus, tidak ada rasa
takut, sebab keta`atan tidak bisa mengurangi reziki seseorang. Al Imam as
Sa’ady telah menjelaskan bahwa keta`atan itu tidak menahan reziki atau
mengurangi reziki seseorang, jadi belajar ilmu al Quraan dan as Sunnah, dakwah
kepada jalan Allah, tidak akan menyebabkan berkurang rezikinya, bahkan Allah SWT,
akan menundukkan hati orang lain untuk membantu kehidupannya begitu janji Allah
dan RasulNya kepada umat, yang mempelajari Kalamullahi, al Quraan dan as
Sunnah.
Sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Abbas radhiallahu `anhuma :
“تكفل الله لمن قرأ القرآن وعمل بما فيه أن لا يضل في الدنيا، ولا يشقى في الآخرة”
Artinya : “Allah Tabaaraka wa Ta`aala akan menjamin bagi siapapun yang membaca al Quraan dan mengamalkannya, dia tidak akan sesat di dunia dan tidak akan celaka di akhirat.” Kemudian beliau membaca perkataan Allah `Azza wa Jalla:
((فإما يأتينكم مني هدى فمن اتبع هداى فلا يضل ولا يشقى)). طه:123.
Artinya : “Maka jika datang kepadamu petunjuk daripadaKu, lalu barangsiapa yang mengikuti petunjukKu, niscaya dia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.” Thoohaa:123. Lihat kitab : “Syarhul `Aqiidatut Thohaawiyyah”, hal. 67.
“تكفل الله لمن قرأ القرآن وعمل بما فيه أن لا يضل في الدنيا، ولا يشقى في الآخرة”
Artinya : “Allah Tabaaraka wa Ta`aala akan menjamin bagi siapapun yang membaca al Quraan dan mengamalkannya, dia tidak akan sesat di dunia dan tidak akan celaka di akhirat.” Kemudian beliau membaca perkataan Allah `Azza wa Jalla:
((فإما يأتينكم مني هدى فمن اتبع هداى فلا يضل ولا يشقى)). طه:123.
Artinya : “Maka jika datang kepadamu petunjuk daripadaKu, lalu barangsiapa yang mengikuti petunjukKu, niscaya dia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.” Thoohaa:123. Lihat kitab : “Syarhul `Aqiidatut Thohaawiyyah”, hal. 67.
Dan ini semakna dengan apa yang
telah disebutkan dalam satu hadist dari jalan `Utsman bin Affan :
وعن عثمان بن رضي الله قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ((خيركم من تعلم القرآن وعلمه)) رواه البخاري (5027).
Artinya : Berkata Rasulullahi Shollallahu `alaihi wa Sallam : “Sebaik baik kalian adalah yang mempelajari al Quraan dan mengajarkannya.” Diriwayatkan oleh al Imam al Bukhaariy (5027).
وعن عثمان بن رضي الله قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ((خيركم من تعلم القرآن وعلمه)) رواه البخاري (5027).
Artinya : Berkata Rasulullahi Shollallahu `alaihi wa Sallam : “Sebaik baik kalian adalah yang mempelajari al Quraan dan mengajarkannya.” Diriwayatkan oleh al Imam al Bukhaariy (5027).
Syaikh Salim Al-Hilali dalam
kitab “Bahjatun Nazhiriin” (1/163 no. hadist 84), mengatakan dari fiqh hadist
ini adalah : “Barangsiapa yang menghabiskan `umurnya untuk menuntut `ilmu dan
mendalami hukum hukum Din, guna memelihara syari`at Allah, maka Allah Jalla wa
`Alaa akan menundukkan hati hati orang lain untuk membantu kehidupannya guna
mencukupi hajatnya.” Akan tetapi jika bukan Ahlut Tauhid kehidupannya dipenuhi
dengan rasa takut, gelisah, oleh karena itu Ahlut Tauhid terbentengi dirinya
dari rasa takut kepada jin, manusia, kematian dan selainnya dari rasa takut
yang tertanam didalam peribadinya dan jiwa manusia tersebut, sesseorang mukmin
yang meng Esakan Allah Ta`aalaa hanya takut kepada Allah saja karena ahlut
Tauhid ia merasa aman, tentram dan tidak tertimpa kegelisahan yang ketika itu
manusia takut.
Dimana hal itu telah dijelaskan oleh Allah dalam al Quraan :
((الذين آمنوا ولم يلبسوا إيمانهم بظلم أولئك لهم الأمن وهم مهتدون)). الأنعام:82.
Dimana hal itu telah dijelaskan oleh Allah dalam al Quraan :
((الذين آمنوا ولم يلبسوا إيمانهم بظلم أولئك لهم الأمن وهم مهتدون)). الأنعام:82.
Artinya : “ Orang-orang beriman itu tidak mencampur adukkan iman mereka
dengan kezhaliman (syirik) mereka itulah orang orang yang mendapat petunjuk.”
Al-Ana’am : 82
Keamanan ini terpancar dari jiwa raganya, bukan karena sebab penjaga
penjaga keamanan polisi atau pihak keamanan lain, dan keamanan dimaksud
keamanan dunia, adapun keamanan akhirat maka lebih besar dan lebih abadi mereka
rasakan. Yang demikian itu mereka peroleh, sebab mereka mengEsakan Allah
Ta`aalaa, mengikhlaskan ibadah hanya kepada Allah`Azza wa Jalla, dan tidak
mencampurkan adukkan tauhid (`ibadah) mereka dengan kesyirikan, karena mereka
tahu syirik adalah kezhaliman yang besar.
Tauhid sumber kekuatan jiwa, karena tauhid memberikan kekuatan jiwa kepada
pemiliknya, sebab jiwanya penuh harap kepada Allah saja, percaya dan tawakal
kepada Nya, ridho atas (ketentuan) Nya, sabar atas musibahnya serta sama sekali
tidak mengarap sesuatu kepada makhluk, ia hanya menghadap dan meminta
kepadaNya, jiwanya kokoh seperti gunung, bila datang musibah ia segera
mengharap kepada Allah Jalla wa `Alaa agar dibebaskan darinya, dia tidak
meminta kepada orang orang mati, syiar dan semboyan adalah sabda Rasulullah
Shollallahu `alaihi wa Sallam:
((…….. إذا سألت فاسأل الله, وإذا استعنت فاستعن بالله)). رواه الترمذي (2516).
((…….. إذا سألت فاسأل الله, وإذا استعنت فاستعن بالله)). رواه الترمذي (2516).
Artinya : “Apabila kamu meminta mintalah kepada Allah, dan apabila kamu
minta tolong minta tolonglah kepadaNya.” Dirawayatkan oleh at Tirmidziy
(2516). Dan firman Allah :
((وإن يمسسك الله بضر فلا كاشف له إلا هو وإن يمسسك بخير فهو على كل شىء قدير)). الأنعام :17.
Artinya : “Jika Allah menimpakan satu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” Al An’aam : 17
((وإن يمسسك الله بضر فلا كاشف له إلا هو وإن يمسسك بخير فهو على كل شىء قدير)). الأنعام :17.
Artinya : “Jika Allah menimpakan satu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” Al An’aam : 17
Tauhid dasar persaudaraan dan persamaan, ahlut Tauhiid tidak dibolehkan
menjadikan ilaah ilaah (ma`buud) selain Allah diantara sesama mereka, sifat
Ilaahiyah (peng`ubudiahan) hanya milik Allah `Azza wa Jalla satu satunya dan
semua manusia diwajibkan ber`ibadah kepada Nya saja. Segenap manusia adalah
hamba Allah Jalla wa `Alaa, dan yang paling mulia diantara mereka adalah Nabi
kita Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa Sallam.
TAFSIR
KEUTAMAAN BAGI AHLUL-TAUHID
KEUTAMAAN BAGI AHLUL-TAUHID
Allah berfirman :
((الذين آمنوا ولم يلبسوا إيمانهم بظلم أولئك لهم الأمن وهم مهتدون)). الأنعام:82.
((الذين آمنوا ولم يلبسوا إيمانهم بظلم أولئك لهم الأمن وهم مهتدون)). الأنعام:82.
“ Orang-orang beriman itu tidak mencampur adukan iman mereka dengan
kezhaliman (Syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka
mereka itu yang mendapat petunjuk”)) (An-Ana’am : 82).
Makna ayat : ahlut Tauhid mendapatkan keamanan dari segala rasa takut,
`azab dari Allah, serta kebinasaan. Petunjuk kepada jalan yang lurus,
maka apabila orang orang beriman itu tidak mencampur adukan iman mereka dengan
kezholiman (kesyirikan) secara mutlak, tidak dan tidak pula dengan
kemaksiatan, maka mereka memperoleh keamanan dan hidayah yang sempurna
dari Allah Jalla wa `Alaa, dan jika mereka tidak mencampurkan keimanan mereka
dengan kesyirikan, namun mereka masih melakukan kemaksiatan, maka mereka tidak
memperoleh keamanan dan hidayah yang sempurna.
Dipahami dari ayat yang mulia ini; bahwa mereka yang tidak mentauhidkan
(mengikhlashkan per`ibadatan) kepada Allah Subhaana wa Ta`aalaa, tidak akan
pernah sama sekali mendapatkan keamanan dan hidayah, bahkan kesesatan serta
kebinasaan yang mereka peroleh. (diterjemahkan dari kitab tafsir As-Sa’ady hlm. 263 oleh
abu zubair aceh).
————-
Footnote:
(*) “Al Ilaah” artinya adalah Dzat yang di`ibadahi dan dijadikan tumpuan hati untuk mendapat manfaat dan menolak bahaya. Lihat Kalimatul Ikhlas milik Ibnu Rajab Rahimullah hlm. 54 – 66
(**) H.R Tirmidzi dan dinyatakan oleh Al-Albani dalam ghayatul mahram hlm. 20 sebagai hadist yang hasan.
(***) Dugaan itu adalah bohong besar.
(****) Lihat Usulus – Tsalatsah Syarah Al – Imam Ibnu Utsaimin.
————-
Footnote:
(*) “Al Ilaah” artinya adalah Dzat yang di`ibadahi dan dijadikan tumpuan hati untuk mendapat manfaat dan menolak bahaya. Lihat Kalimatul Ikhlas milik Ibnu Rajab Rahimullah hlm. 54 – 66
(**) H.R Tirmidzi dan dinyatakan oleh Al-Albani dalam ghayatul mahram hlm. 20 sebagai hadist yang hasan.
(***) Dugaan itu adalah bohong besar.
(****) Lihat Usulus – Tsalatsah Syarah Al – Imam Ibnu Utsaimin.
Oleh: Ustadz Dzul – Akmal.Lc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar