Ketika iman bersemi dalam hati sesuai tuntunan syariat, niscaya hati ini rindu terbang ke jannah dan takut siksa neraka

Minggu, 03 Juni 2012

AL HIJAAMAH


Sesungguhnya Penyakit yang diderita manusia pasti ada obatnya, seperti sabda Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam ,? Tidaklah Alloh Azza wa Jalla menurunkan satu penyakit, melainkan Alloh pula menurunkan obat(nya).? (HR Bukhori no 5678 dan Ibnu Majah no 3438 dan 3439).

Dan sabda Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam ,? Setiap penyakit itu pasti ada obatnya, Oleh karena itu barangsiapa yang tepat dalam melakukan pengobatan suatu penyakit, maka dengan izin Alloh dia akan sembuh (HR Muslim no 2204).


Termasuk obat dan cara pengobatan yang Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam ajarkan kepada umatnya adalah bekam (Al Hijamah). Bahkan bekam dikatakan sebagai sebaik-baik pengobatan, seperti yang disabdakan Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam ,? Jika pada obat yang kalian pergunakan itu terdapat suatu kebaikan, maka itulah Al Hijamah (bekam).? (HR Abu Dawud no 3857 Dishahihkan oleh Imam Al Albani dalam Silsilah al Ahasdiits Ash-Shahiihah no 760).

Juga Sabda Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam ,? Sesungguhnya cara pengobatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah al hijaamah (bekam). (HR Bukhori 2280 dan Muslim 2214)

Namun sungguh, Sunnah yang mulia ini sudah menjadi sunnah matrukah (sunnah yang ditinggalkan) oleh kaum muslimin sendiri. dan banyak muslimin yang belum mengetahui kalau berbekam merupakan wasiat Malaikat kepada Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam ketika beliau di Mi'rajkan ke langit. Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda "Tidaklah aku melewati satu Malaikat ?ketika aku dimi'rajkan ke langit- melainkan mereka mengatakan:?Wahai Muhammad, lakukanlah olehmu berbekam.? (HR Ibnu Majah no3477, Dishahihkan oleh Imam Al Albani dalam Silsilah Al ?Ahaadiits ash-Shahihah no 1053).

Demikianlah keutamaan dari berbekam hingga para Malaikat langit pun mewasiatkan agar dikerjakan oleh beliau. Dan Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam pun mengajarkaan dan menganjurkan kepada ummatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar