Ketika iman bersemi dalam hati sesuai tuntunan syariat, niscaya hati ini rindu terbang ke jannah dan takut siksa neraka

Senin, 25 Juni 2012

Nilai Ukuwah dan Saling Menasehati


“ Sesungguhnya diantara faktor yang dapat mendatangkan kebahagiaan ialah bila mendapatkan teman yang dapat memberikan masukan (nasihat) yang bermanfaat bagi mu  dan membuat mu bahagia bila berteman dengannya (mengingatkan akhirat)”.

·        “Sebagian mereka adalah penolong bagi sebagian yang lain “(Qs: 9;71)

·        “Seakan-akan mereka sebuah bangunan yang tersusun kokoh” (Qs.  61:4)
·        “ ..dan yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman)” (Qs.         
          8:63)
·        “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara”. (Qs.49:10)
·        “Tolong-menolonglah kamu sekalian dalam (mengerjakan)kebaikan dan  
          taqwa. (Qs.Almaidah,5:2)
·        Dari Anas ra. Dari Nabi saw, beliau bersabda:”Tidaklah sempurna iman salah seorang diantara kamu sekalian sebelum ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.(Riwayat Bukhari & Muslim)
·        “Dan hendaklah ada diantara kamu sekalian segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar; merekalah orang-orang yang beruntung.(Qs.Ali Imran:104)
·        “Sahabat-sahabat Anshar mengutamakan kawan-kawannya (sahabat-sahabat Muhajirin) atas diri mereka sendiri, walaupun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu)”. (Qs. Al_hasyar:9)

·        “ Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang taat, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut nama Allah, Allah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar”. (Qs. Al-Ahzab:35)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar