Ketika iman bersemi dalam hati sesuai tuntunan syariat, niscaya hati ini rindu terbang ke jannah dan takut siksa neraka

Selasa, 05 November 2013

Amalan Diangkat dan Lembaran Catatan Ditutup di Akhir Tahun Hijriyah

Sebahagian manusia menyangka bahwa amalan diangkat dan
lembaran catatan ditutup di akhir tahun Hijriyah, dan ini tidak ada asalnya
Berkata al Imam Ibnul Qaiyyim rahimahullahu Ta'ala : "'Amalan setahun diangkat dibulan Sya'ban sebagaimana yg dikhabarkan oleh Nabi Shollallahu 'alaihi wa Sallam bhwasanya
bulan Sya'ban adalah bulan diangkt padanya seluruh 'amlan, dan diangkat 'amalan mingguan setiap hari senin dan kamis, sedangkan 'amalan siang diangkat diakhir siang sebelum malam, demikian juga 'amalan malam diangkat diakhir mlam sebelum siang. Dan apabila sudah berakhir ajal diangkatlah 'amalan sepanjang umur seluruhnya dan ditutup lembaran catatan 'amal tersebut". (Tahdziibus Sunan).
Sedangkan, "Mengkhususkan akhir tahun dikarenakan 'udzur dan mengkhususkannya dengan satu 'Ibadah dan Do'a, ini adala Did'ah". Inilah yg dikatakan oleh Muftiy Aalu As-Syaikh dan Al-Fauzan dan Ar-Raajihiy hafizhohumullahu Ta'ala.
Dan berkata Ibnu 'Utsaimin rahimahullahu (Ad-Dhiyaaul Laami', halaman 702):  "Bukan ajaran Sunnah kamu mengadakan perayaan menyambut Tahun Baru atau kita saling membiasakan ucapan selamat dikarenakan datangnya tahun baru tersebut".
"Tidak dibolehkan Mengucapkan Selamat dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriyah, karena hal ini Bukan Disyari'atkan", (Al-Lajnah Ad-Daaimah # 20795).
Sebarkanlah supaya manusia tidak terjatuh pada perbuatan Bid'ah dan Khurafaat.

url: http://faedahts.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar