Tidak
tersembunyi kembali dikalangan para penuntut ilmu syar'i lebih lebih
ulamanya bahkan orang awamnya sekalipun yang baru baru kenal ngaji sudah
mengenal nama ulama pakar ahli nahwu diatas. Justru kitab nahwu yang
awal mula mereka pelajari dari hasil karya tulis beliau rahimahullah.
yang dikenal dengan "Matan Alajrumiyyah".
Berikut biografi ringkas 'ulama pakar nahwu Ibnu Aajurrum alaihi rahmatullah.
Nama
beliau: Abu Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Dawud ash Shonhaji
pakarnya adab, nahwu sekaligus qiro'ah alaihi rahmatullah.
Kalimat: " ash Shonhaji " dinisbatkan ke "shonhajah" nama kabilah yang cukup terkenal dari himyar tempatnya di maghrib(afrika).
Yang
bercerita tentang potret kehidupan beliau rahimahullah, dari kalangan
'ulama nahwu sungguh sangatlah banyak. katakan seperti: Almakudi
Abdurrahman bin shaleh, pakarnya nahwu. wafat pada tahun:807H. dan
Arro'i Annamiri Abu Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin
Ismail Almaghribi Alandalusi. pakarnya fiqh, ushul dan nahwu. wafat
diKairo,Mesir pada tahun:853. dan dari selain keduanya, mereka menjuluki
imam tersebut sebagai pakarnya ilmu nahwu..!!
Tempat kediaman beliau berada di negeri maghrib (afrika barat laut) disanalah Ibnu aajurrum mengajarkan ilmu.
Beliau
dilahirkan pada tahun: 672 H ---bertepatan dengan wafatnya imam malik
Muhammad bin abdillah alahi rahmatullah--- dan wafat pada tahun: 723H.
Ibnul hajj mengatakan: Dia Ibnu aajurrum memilki banyak karya tulis dan juga para syaikh(guru). seperti:
Abu Hayyan "shohib bahr muhit".
Beliu
banyak memilki karya tulis dan juga syi'ir. Diantara karya tulis beliau
seperti; "Muqodimah Alajrumiyah" denganya beliau jadi ulama pakar nahwu
yang cukup terkenal. Meriwayatkan darinya abu abdillah Muhammad bin
ibrohim alhadhromi rahimahullah.
Dimata
para 'ulama pakar nahwu lainya beliau tergolong ulama yang tinggi,
kokoh dan kuat dalam bidang nahwu. hal tersebut dapat dibuktikan dengan
banyaknya 'ulama yang men_syarah karya tulis beliau tersebut. lebih
lebih "Muqaddimah Alajrumiyyah". Tidak hanya tiga, empat, atau lima
'ulama. tapi banyak 'ulama yang perhatian terhadapnya secara beraneka
ragam bentuknya.
Diantara
mereka ada yang men_Syarah secara global, merinci, meringkas,
meng_i'rob lafadz lafzdnya. dan ada juga diantara mereka yang meyusun
menjadi bait syiir. Seperti; Alimam al Imriithi rajimahullah. beliau
wafat pada tahun: (989H). dalam 250 bait syi'ir. Beliau mengatakan dalam
muqoddimah bait syi'ir yang begitu indah tersebut:
والنحو أولا أولا أن يعلما --- إذ الكلام دونه لن يفهما
وكان خير كتبه الصغيرة ---- كراسة لطيفة شهيره
"Ilmu nahwu adalah ilmu pemula yang harus dipelajari,,
Tanpanya sebuah kalam tidak dapat dipahami,,
Kebersamaan itu menjadi matan yang terkenal,,
Sampai pada bait:
"Denganya ilmu beliau
bermanfaat,,
___Meski dipandang hanya sebuah matan yang ringkas.
Dan
diantaranya juga Alimam 'Ubaid robbih asy Syingkithi 'alahi rahmatullah
beliau wafat pada tahun:(1160H) yang tersusun dalam 150 bait syiir.
Dan diantara ulama yang men_Syarah seperti:
.Asy Syaikh kholid Alazhari beliau wafat pada tahun 905H. dan diantara mereka yang mejelaskan secara rinci seperti:
.Alhithobi
Arru'aini "shohib kitab mutammimah Alajrumiyah". Dan diantara 'ulama
yang menginternasionalisasikan "muqaddimah ajrumiyah" tersebut seperti;
."Syarah Alkafrowi" beliau wafat pada tahun: 1202H.
."Tuhfah saniyah" milik Muhammad muhyiddin beliau wafat pada tahun:1393H.
."Syarah ajrumiyah" milik Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahumulloh. beliau wafat pada tahun: 1421H.
____inilah ringkasan tarjamah Alimam Ibnu aajurrum. kita cukupkan sampai disini, nantikan episode berikutnya insya Allah_____
__akhukum alfaqir ila robbih abu hatim aljagiri__.
(Salah satu thulab di Darul Hadist
Fuyus,Yaman)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar