Ketika iman bersemi dalam hati sesuai tuntunan syariat, niscaya hati ini rindu terbang ke jannah dan takut siksa neraka

Kamis, 22 Mei 2014

Bolehkah Sholat di Dalam Masjid yang Ada Kuburannya, dengan Dalil Masuknya Kuburan Rasulullah ke dalam Area Masjid

الاحتجاج بدخول قبر النبي صلى الله عليه وسلم في المسجد
BERHUJAH DENGAN MASUKNYA KUBURAN NABI SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM KE DALAM AREAL MASJID
(Asy Syaikh Abdul Aziz bin Baz Rahimahullah)

يقول السائل: جاء في الحديث: ))لعن الله قوماً اتخذوا قبور أنبيائهم مساجد(( ويحدث في كثير من الأقطار الإسلامية اتخاذ الأضرحة والمقامات لأولياء الله،


Seorang penanya berkata : Ada riwayat dalam suatu hadits : “Allah melaknat suatu kaum, yg menjadikan kubur2 nabi mereka sbg masjid-masjid.” Terjadi di banyak negeri-negeri islam, menjadikan kuburan-kuburan dan makam-makam wali-wali Allah (sebagai masjid).


وعندما ننهى عن ذلك يحتجون بأن قبر النبي صلى الله عليه وسلم موجود بمسجده في المدينة المنورة مما يحدث عندنا بعض الإشكال، فأفيدونا عن ذلك وفقكم الله.

Ketika kita melarang dari hal itu, mereka beralasan bahwasannya kuburan Nabi shallallahu’alaihi wasallam berada di masjid Beliau di Madinah al-Munawaroh, yang menjadikan beberapa masalah dikalangan kami. Berikanlah faidah kepada kami semoga Allah memberi taufik kepada anda. 


لا ريب أن الرسول صلى الله عليه وسلم قال:))لعن الله اليهود والنصارى اتخذوا قبور أببيائهم مساجد((قالت عائشة رضي الله عنها:)يحذِّر ما صنعوا(. رواه الشيخان البخاري ومسلم في الصحيحين ]1[.

Jawaban beliau :

Tidak ragu lagi, bahwasanya Rasul shallallahu'alaihi wasallam bersabda : "Allah melaknat yahudi dan nashara yang mana mereka menjadikan kubur nabi-nabi mereka sebagai masjid." Aisyah radhiyallahu'anha mengatakan : "Beliau memperingatkan dari apa yang mereka perbuat." (Diriwayatkan oleh Al-Bukhary dan Muslim dlm Ash-Shahihain)

وقال عليه الصلاة والسلام:))ألا وإن من كان قبلكم كانوا يتخذون قبور أنبيائهم وصالحيهم مساجد ألا فلا تتخذوا القبور مساجد فإني أنهاكم عن ذلك((خرجه مسلم في صحيحة ]2[.

Beliau 'alaihish-sholaatu wassalaam berkata : "Ketahuilah seungguhnya orang-orang sebelum kalian menjadikan kubur-kubur nabi dan orang sholeh mereka sebagai masjid. Ketahuilah, janganlah kalian menjadikan kubur-kubur sebagai masjid, karena sesungguhnya aku melarang kalian dari hal itu." (Dikeluarkan oleh al-Imam Muslim dlm shahihnya) 


وهذه الأحاديث وما جاء في معناها كلها واضحة في تحريم اتخاذ المساجد على القبور أو الصلاة عندها أو القراءة عندها أو نحو ذلك،
Hadit-hadits ini dan yang semakna sangat jelas dalam pengharaman menjadikan masjid-masjid diatas kuburan, atau shalat dikuburan atau membaca (al-Quran) disisi kuburan atau yang semisal itu 

ولكن بعض الناس قد تشتبه عليه الأمور ولا يعرف الحقيقة التي جاء بها المصطفى عليه الصلاة والسلام، فيعمل ما يعمل من البناء على القبور واتخاذ مساجد عليها جهلاً منه وقلة بصيرة.
Akan tetapi sebagian manusia telah tersamarkan perkara-perkara ini dan tidak mengerti hakikat apa yang dibawa oleh Nabi terpilih  'alaihishsholaatu wassalaam. Maka merekapun membuat apa yang mereka buat, berupa bangunan diatas kubur, dan menjadikan masjid diatasnya karena kejahilan dan sedikitnya ilmu. ‎

وأما ما يتعلق بقبر النبي صلى الله عليه وسلم فلم يدفن في المسجد صلى الله عليه وسلم، فالرسول صلى الله عليه وسلم دفن في بيت عائشة،
Dan adapun apa yang berkaitan dengan kubur nabi, maka beliau itu tadak dikubur didalam masjid, maka Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam itu dikubur dirumah Aisyah.

ثم وسع المسجد في عهد الوليد بن عبد الملك في آخر القرن الأول فأدخلت الحجرة في المسجد، وهذا غلط من الوليد لما أدخلها، وقد أنكر عليه بعض من حضره من هناك في المدينة ولكن لم يُقدَّر أنه يرعوي لما أنكر عليه.

Kemudian masjid diperluas di zaman Al-Walid bin Abdil Malik di akhir abad pertama, maka kamar Aisyah dimasukkan ke areal masjid, dan ini adalah kesalahan al-Walid ketika memasukkan makam Nabi ke dalamnya. Dan sebagian orang yang hadir dari sana mengingkari dia di madinah, akan tetapi tidak ditakdirkan kalau dia mengindahkan peringatakn tersebut. 

فالحاصل أن قبر النبي صلى الله عليه وسلم كان في البيت بيت عائشة رضي الله عنها ثم أدخلت الحجرة في المسجد بسبب التوسعة فلا حجة في ذلك،
Yang jelas, kalau kubur Nabi itu berada di rumah, rumah Aisyah kemudian kamar tersebut dimasukkan ke dalam areal masjid karena sebab perluasan, maka tidak ada hujjah dalam hal ini.

ثم إنه من فعل أمير المؤمنين الوليد بن عبد الملك وقد أخطأ في ذلك لما أدخله في المسجد، فلا ينبغي لأحد أن يحتج بهذا العمل.
Kemudian sesungguhnya hal ini adalah perbuatan amirul mukminin al-Walid bin Abdil- Malik dan dia keliru dalam hal ini, ketika memasukkan kubur nabi ke areal masjid. Maka tidak sepantasnya bagi siapa saja utk berhujjah dengan perbuatan tersebut.

فالذي فعله الناس اليوم من البناء على القبور واتخاذ مساجد عليها كله منكر مخالف لهدي النبي صلى الله عليه وسلم.
Maka apa yang dilakukan manusia sekarang berupa membuat bangunan diatas kubur dan menjadikan masjid diatasnya semua itu adalah kemungkaran, yang menyelisihi petunjuk Nabi shallallahu'alaih wasallam.

فالواجب على ولاة الأمور من المسلمين إزالته، فالواجب على أي ولي أمر من أمراء المسلمين أن يزيل هذه المساجد التي على القبور، وأن يسير على السنة،
Maka wajib bagi pemerintah kaum muslimin untuk menghilangkannya, wajib bagi setiap penguasa dari penguasa kaum muslimin untuk menghilangkan masjid-masjid yang ada diatas kubur dan untuk berjalan diatas assunnah.

وأن تكون القبور في الصحراء بارزة ليس عليها بناء ولا قباب ولا مساجد ولا غير ذلك، كما كانت القبور في عهد النبي صلى الله عليه وسلم في البقيع وغيره بارزة ليس عليها شيء، وهكذا قبور الشهداء، شهداء أحد، لم يبن عليها شيء.
Dan hendaknya kubur-kubur dibuat di padang pasir yang terbuka, tidak ada bangunan diatasnya, tidak pula kubah-kubah, masjid-masjid atau selainnya. Sebagaimana keadaan kubur-kubur di zaman Nabi shallallahu ‎'alaihi wasallam di Baqi' dan lainnya, terbuka tidak ada bangunan diatasnya. Demikian juga kuburan syuhada, syuhada uhud, tidak dibangun apa-apa diatasnya.

فالحاصل أن هذا هو المشروع، أن تكون القبور بارزة ضاحية ليس عليها بناء كما كان في عهد النبي صلى الله عليه وسلم وفي عهد السلف الصالح، أما ما أحدثه الناس من البناء فهو بدعة ومنكر لا يجوز إقراره ولا التأسي به.
Yang jelas, sesungguhnya inilah yang disyari'atkan. hendaknya keadaan kubur itu terbuka. Tidak ada bangunan diatasnya, sebagaimana keadaan kubur di zaman Nabi shallallahu'alaihi wasallam dan di zaman as-salafush-shaleh. Adapun yang diada-adakan manusia berupa bangunan (diatas kubur-pent) itu adalah bid'ah dan kemungkaran yang tidak boleh disetujui dan diikuti.

ولهذا وقع الشرك لما وجد العامة والجهال القبور المشيد عليها المساجد والقباب المعظمة والمفروشة والمطيبة ظنوا أنها تقضي حوائجهم وتشفي مرضاهم وتنفعهم، فدعوها واستغاثوا بها ونذروا لها فوقع الشرك، نعوذ بالله من أسباب ذلك،
Oleh karena itu terjadilah kesyirikan, ketika orang awam dan bodoh mendapati kubur-kubur yang dibangun diatasnya masjid-masjid dan kubah-kubah yang diagungkan, dihampari karpet dan diberi wawangian. Mereka menyangka kalau kubur tersebut bisa menyampaikan mereka kepada hajat/keinginan mereka, menyembuhkan orang-orang sakit diantara mereka dan memberi manfaat pada mereka. Maka mereka berdoa kepada kubur tersebut, meminta tolong dan bernadzar utk kubur tersebut, maka terjadilah kesyirikan. Kita berlindung kepada Allah dari sebab itu semua.

فالغلو في القبور كله شر، ولهذا قال عليه الصلاة والسلام:))إياكم والغلو في الدين فإنما أهلك من كان قبلكم الغلو في  ]3[، نسأل الله السلامة والعافية.

Maka berlebih-lebihan terhadap kubur itu semuanya jelek, sehingga Nabi  ‘alaihish sholatu wassalam bersabda : “Jauhi oleh kalian sikap ghuluw (ekstrim) dalam beragama, karena yang membinasakan orang-orang sebelum kalian adalah sikap ghuluw (ekstrim).”
Kita memohon kepada Allah keselamatan dan kesehatan.


Sumber :  http://www.binbaz.org.sa/mat/21598
Alih Bahasa ; Ustadz Abu Hafs Umar Al Atsary

Tidak ada komentar:

Posting Komentar