Ketika iman bersemi dalam hati sesuai tuntunan syariat, niscaya hati ini rindu terbang ke jannah dan takut siksa neraka

Selasa, 11 Desember 2012

Tindakan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam Untuk Melindungi Tauhid dan Menutup Setiap Jalan Menuju Syirik


Firman Allah Ta'ala (artinya):
"Sungguh, telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) untukmu, amat belas kasihan lagi penyayang kepada orang-orang mukmin." (Bara'ah/At-Taubah: 128)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Janganlah kamu jadikan rumah-rumah kamu sebagai kuburan, dan janganlah kamu jadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, tetapi ucapkanlah shalawat untukku karena sesungguhnya ucapan shalawat sampai kepadaku dimanapun kamu berada." (HR Abu Dawud dengan isnad hasan, dan para periwayatnya isqat)
Dalam hadits lain, Ali bin Al-Husein Radhiyallahu 'anhu menuturkan bahwa ia melihat seseorang datang ke salah satu celah pada kuburan Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam lalu masuk ke dalamnya dan berdoa. Maka ia pun melarang orang itu dan berkata: "Maukah kamu aku beritahu sebuah hadits yang aku dengar dari bapakku, dari kakekku, dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam? Beliau telah bersabda:
"Janganlah kamu jadikan kuburanku sebagai tempat perayaan dan janganlah kamu jadikan rumah-rumah kamu sebagai kuburan, (tetapi ucapkanlah doa salam kepadaku) karena sesungguhnya doa salammu sampai kepadaku dimanapun kamu berada." (Diriwayatkan dalam kitab Al-Mukhtarah)
Kandungan tulisan ini:
  1. Tafsiran ayat dalam surah Bara'ah (At-Taubah). Ayat ini, dengan sifat-sifat yang disebutkan didalamnya untuk pribadi Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, menunjukkan bahwa beliau telah memperingatkan umatnya agar menjauhi syirik, yang merupakan dosa paling besar, karena inilah tujuan utama diutusnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.
  2. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah memperingatkan umatnya dan menjauhkan mereka sejauh-jauhnya dari syririk, serta beliau telah menutup setiap jalan yang menjurus kepada syirik.
  3. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam sangat menginginkan keimanan dan keselamatan kita dan amat belas kasihan lagi penyayang.
  4. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam melarang untuk menziarahi kuburannya dengan cara tertentu, (yaitu dengan menjadikannya sebagai tempat perayaan), padahal ziarah ke kuburan beliau termasuk amalan yang amat baik.
  5. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam melarang untuk memperbanyak ziarah kubur.
  6. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menganjurkan untuk melakukan shalat sunat di rumah.
  7. Telah menjadi ketetapan di kalangan kaum Salaf bahwa menyampaikan shalawat untuk nabi tidak perlu masuk di dalam kuburannya.
  8. Alasannya bahwa ucapan shalawat dan salam dari seseorang untuk beliau akan sampai kepada beliau, dimanapun ia berada. Maka tidak perlu harus mendekat sebagaimana diduga oleh orang yang menghendaki demikian.
  9. Bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam di alam Barzakh, ditunjukkan kepada beliau amal umatnya yang berupa shalawat dan salam untuknya.
Dikutip dari buku: "Kitab Tauhid" karangan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab.
Penerbit: Kantor Kerjasama Da'wah dan Bimbingan Islam, Riyadh 1418 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar