Ketika iman bersemi dalam hati sesuai tuntunan syariat, niscaya hati ini rindu terbang ke jannah dan takut siksa neraka

Selasa, 17 Desember 2013

Ucapan Syukur kepada Al-‘Allâmah Asy-Syaikh Rabî’ bin Hâdy Al-Madkhaly

Menanggapi kabar yang telah tersebar seputar nasihat Syaikh Rabî’ hafizhahullâh melalui Syaikh Hâni Buraik hafizhahullâh, juga setelah menerima pertimbangan dari sebagian masyaikh, Saya menyusun tulisan berikut, lalu merilis tulisan tersebut setelah menerima wasiat bahwa ini adalah tulisan yang baik, serta rekomendasi agar tulisan ini dirilis. Tak
lupa pula beliau memohonkan taufiq seraya menasihatkan untuk senantiasa bersabar …
بسم الله الرحمن الرحيم
فقد وصلني كلام شيخنا ربيع بن هادي المدخلي -حفظه الله ورعاه- بواسطة ما كتبه الشيخ هانئ بريك -سلمه الله-. وأنا شاكر لشيخنا على ما قام من الإهتمام والتوجيه فجزاه الله خير الجزاء.
إن شاء الله سأزور شيخنا ربيعا عن قريب وأسمع منه التوجيه والنصيحة مباشرة والحق بغيتنا ونصائح فضيلته ضالتنا وأي شيئ صدر منا يخالف الحق فنحن سنتراجع عنه بإذن الله بكل سهولة وسرور.
وأنني -بحمد الله- لا أزال أقتفي طريق السلف على ما مشى عليه مشائخنا كالشيخ مقبل والشيخ أحمد النجمي والشيخ ربيع والشيخ الفوزان وغيرهم -رحم الله الأموات وحفظ الأحياء-، ولم أبدل ولم أغير وأسأل الله أن يثبتني على الإسلام والسنة في الحياة الدنيا والآخرة.
وأنني أشهد الله أني متبرئ من علي الحلبي من بدعه وانحراف منهجه. ويعلم الحزبيون في بلادنا أني من أشد الناس تحذيرا من علي الحلبي ومنهجه.
وفي أشرطتي التى حوت دروس عقائد السلف ردود على انحرافات الحلبي في قضايا متعددة. وقد كتبت ردودا على أتباع الحلبي في طعنهم على شيخنا ربيع في جملة من المسائل وإن شاء الله لا تزال الردود على الحلبيين ستخرج. وقد فرح السلفيون في بلادنا والبلاد المجاورة بتلك الردود.
ولذلك أقول للإخوة الذين أوصلوا أخبارا كاذبة لشيخنا ربيع بأنني على طريقة الحلبي بيننا وبينكم ميعاد عند ربنا جل شأنه ليحكم بيننا بالقسط وهو أحكم الحاكمين.
لا أدري بأي عقل يصور هؤلاء الإخوة لشيخنا ربيع بأنني على طريقة الحلبي مع أن الحزببيين في بلادنا -في ظني- لم يتجاسروا أن يرموني بأننى على طريقة الحلبي.
وأيضا أحمد الله أني لا أعرف التلون والتلاعب وكان مما نحفظه من شيخنا مقبل -رحمه الله- قول النبي صلى الله عليه وسلم ” إِنَّ مِنْ شَرِّ النَّاسِ، ذَا الْوَجْهَيْنِ، الَّذِي يَأْتِي هَؤُلَاءِ بِوَجْهٍ، وَهَؤُلَاءِ بِوَجْهٍ ” [أخرجاه عن أبي هريرة رضي الله عنه]
وأيضا -بحمد لله- لي موقف واضح معروف في التحذير من أبي الحسن المصري والحجوري وجعفر عمر طالب.
قد أثير علي من قبل بعض الإخوة قولي في يزيد عبد القادر جواس “سلفي ولكن سلفيته مزعزعة”
قد أجبت عن هذه المسألة عند لقاء الأساتذة في بيت شيخنا ربيع وها أنا أعيد الجواب مع شيئ من التكملة وهو كالتالي:
-أولا- قد بتر الناقل كلامي ولا ينقل المراد على الوجه المطلوب وأشعر الناقل بأني قلتها ليزيد مطلقا وإنما قلتها ليزيد بمقارنة رجل حزبي آخر.
-ثانيا- أن عبارة فلان سلفي مزعزع قالها الشيخ مقبل الوادعي -رحمه الله- في التحذير على بعض الناس فقلتها على يزيد جواس اجتهادا مني لما سئلت عن يزيد بمقارنة رجل جزبي من كبار السروريين المسمى محمد زيتون. ثم احترزت على عبارتي بذكر بعض مخالفات يزيد.
-ثالثا- نص السؤال الذي وجه إلي “هل يزيد جواس عالم سلفي حقا وهل هو مثل زيتون الذي يدعي نهج السلف ويدرس كتب السلف؟
فأجبته كالآتي”أما زيتون فليس بسلفي، لا من قريب ولا من بعيد. وأما يزيد… سلفي لكن سلفيته مزعزعة”
ثم ذكرت بعض أصول مخالفات يزيد وهي
- علاقته بالمؤسسات الحزبية
- دفاعه عن إحياء التراث
- علاقته بمؤسسة الصفوة الذي تحت رعاية الحزبي الكبير محمد خلف من أهل القصيم
- يزيد مذبذب وليس عنده تميز
- وأشرت بأن عليه أخطاء خطيرة أخرى
وقلت من خلال الجواب مستنكرا “هل يوجد سلفي مثل هذا النوع!؟”
-رابعا- يعتذر لي أن قلت هذه العبارة على وجه المقارنة ما جاء عن عثمان الدارمي أنه سأل يحيى ين معين عن العلاء بن عبد الرحمن عن أبيه فقال ليس به بأس. قال : فقلت : هو أحب إليك أو سعيد المقبري؟ فقال سعيد أوثق والعلاء ضعيف. إهـ من تاريخ الدارمي عن ابن معين ص 173-174 بواسطة ضوابط الجرح والتعديل ص 43.
فاختلف جواب ابن معين عن العلاء عند الإفراد وعند المقارنة. فمحمد زيتون حزبي إخواني سروري تكفيري ليس له علاقة بالسلفية البتة وبينما يزيد الحزبي كان له كتابات في عقائد أهل السنة وكان قد جلس عند الشيخ ابن عثيمين.
-خامسا-  لي كلام كثير حول يزيد من خلال عشر سنوات أو أكثر. وقد صرحت في غير ما مجلس ودرس بأن يزيد حزبي وحذرت الناس منه ونصحت أناسا دافعوا عنه ليرجعوا إلى جادة الطريق. وإلى الآن أنا أدين الله عز وجل بأن يزيد حزبي.
وأما ما يتعلق ببعض الأساتذة الذي أثار الكلام في الثناء على إذاعة رجا وبعض المحاضرين فيها فقد نصحناه وكلمناه مرارا وقمنا بواجب النصح والأخوة. وكما هو معلوم لا يحمل خطأ الناس على الآخرين فإن الله يقول ((وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَى)).
أسأل الله أن يوفق الجميع بكل يحبه الله ويرضاه ويجمع كلمتنا على الحق إنه رحيم كريم.

Telah sampai kepada Saya, ucapan guru Kami, Syaikh Rabî’ bin Hâdy Al-Madkhaly -semoga Allah senantiasa memelihara dan menjaga beliau- dengan perantara tulisan Syaikh Hâny Buraik -sallamahullâh-. Saya mensyukuri Syaikh Kami atas usaha yang beliau lakukan berupa perhatian dan pengarahan beliau. Semoga Allah membalas kebaikan untuk beliau.
Insya Allah, dalam waktu dekat, Saya akan mengunjungi guru Kami, Syaikh Rabî’, dan mendengar langsung pengarahan dan nasihat beliau. Kebenaran adalah tujuan Kami, dan nasihat Fadhîlatusy Syaikh adalah “barang yang hilang dari Kami”. Apapun yang bersumber dari Kami dan menyelisihi kebenaran, insya Allah, akan Kami rujuk darinya dengan mudah dan lapang dada.
Alhamdulillah, Saya masih selalu menapaki jalan Salaf yang diyakini oleh para guru Kami, seperti Syaikh Muqbil, Syaikh Ahmad An-Najmy, Syaikh Rabî’, Syaikh Al-Fauzân, dan selainnya -semoga Allah merahmati yang telah meninggal dan menjaga yang masih hidup-. Saya tidak pernah mengganti juga tidak pernah mengubah, serta Saya memohon kepada Allah untuk mengukuhkan Saya di atas keislaman dan Sunnah di kehidupan dunia dan akhirat.
Saya mempersaksikan kepada Allah bahwa sungguh Saya berlepas diri dari Ali Al-Halaby, dari bid’ah-bid’ah dan penyimpangan manhaj-nya. Para hizbiyyûn di negeri Kami (Indonesia) mengetahui bahwa Saya termasuk orang yang paling keras men-tahdzir Ali Al-Halaby dan manhaj-nya.
Dalam banyak rekaman Saya yang memuat pelajaran-pelajaran aqidah Salaf, terdapat beberapa bantahan terhadap penyimpangan Al-Halaby pada sejumlah pembahasan.
Saya telah menulis bantahan-bantahan terhadap para pengekor Al-Halaby seputar tikaman mereka terhadap guru Kami, Syaikh Rabî’, pada sejumlah masalah. Insya Allah, bantahan-bantahan berikutnya akan terus muncul.
Salafiyyûn di negeri kami dan di negeri-negeri tetangga bersuka cita dengan keberadaan bantahan tersebut.
Oleh karena itu, kepada ikhwah yang menyampaikan berita-berita dusta kepada guru Kami, Syaikh Rabî’, bahwa Saya berada di atas jalan Al-Halaby, Saya berkata, “Antara Kami dengan Kalian ada pertemuan di sisi Rabb Kita Jalla Sya’nuhu untuk memberi hukum di antara Kita dengan seadil-adilnya. Dialah sebaik-baik Yang memberi keputusan.”
Saya tidak mengetahui akal apa yang digunakan oleh para ikhwah itu yang mengambarkan kepada guru Kami, Syaikh Rabî’, bahwa Saya berada di atas jalan Al-Halaby, padahal para hizbiyyîn di negeri Kami -menurut dugaan Saya- tidak berani menuduh bahwa Saya berada di atas jalan Al-Halaby.
Juga, Saya memuji Allah bahwa Saya tidak mengenal talawwûn ‘bersikap bunglon’, tidak pula (Saya mengenal) talâ`ub ‘bermain-main’. Di antara yang Kami hafal dari guru Kami, Syaikh Muqbil rahimahullâh, adalah sabda Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam,
إِنَّ مِنْ شَرِّ النَّاسِ، ذَا الْوَجْهَيْنِ، الَّذِي يَأْتِي هَؤُلَاءِ بِوَجْهٍ، وَهَؤُلَاءِ بِوَجْهٍ
“Sesungguhnya, termasuk manusia terjelek adalah yang bermuka dua: yang datang kepada (suatu kaum) dengan satu muka, dan (datang kepada kaum lain) dengan muka yang lain.” [Dikeluarkan oleh Al-Bukhâry dan Muslim dari Abu Hurairah radhiyallâhu ‘anhu.]
Alhamdulillah, Saya juga memiliki sikap jelas dan diketahui dalam men-tahdzir Abul Hasan Al-Mishry, Al-Hajûry, dan Ja’far Umar Thalib.
Sebagian ikhwah telah memunculkan polemik terhadap ucapan Saya tentang Yazid Abdul Qadir Jawâs, “(Dia adalah) Salafy, tapi Salafy-nya guncang.”
Padahal, masalah ini sudah Saya jawab ketika terjadi pertemuan para asatidzah di rumah guru Kami, Syaikh Rabî’.
Berikut Saya mengulangi jawaban tersebut dengan sedikit penyempurnaan.
Pertama, si penukil telah memangkas ucapan Saya, tetapi tidak menukil sesuai dengan maksud yang semestinya. Si penukil mengesankan bahwa Saya mengucapkan (kalimat itu) untuk Yazid secara mutlak, padahal Saya mengucapkan (kalimat itu) dengan bentuk membandingkannya dengan seorang hizby lainnya.
Kedua, ungkapan “Si Fulan adalah Salafy guncang” digunakan oleh Syaikh Muqbil rahimahullâh dalam tahdzir beliau terhadap sebagian orang. Kemudian, Saya mengucapkan kalimat tersebut terhadap Yazid Jawâs sebagai ijtihad Saya ketika ditanya tentang Yazid dan seorang hizby dari pentolan Sururiyyîn yang bernama Muhammad Zaitun. Setelah itu, Saya lebih menegaskan ungkapan tersebut dengan menyebutkan kesalahan-kesalahan Yazid.
Ketiga, nash pertanyaan yang diajukan kepada Saya, “Apakah Yazid Jawas adalah seorang ulama Salaf yang benar-benar? Apakah beliau sama dengan (Ustadz) Zaitun yang mengaku bermanhaj Salaf, mengajarkan kitab-kitab Salafy?
Saya menjawab sebagai berikut, “Adapun Zaitun, laisa bi Salafy (bukan Salafy). Lâ min qarîb wa lâ min ba’îd (tidak dari dekat, tidak pula dari jauh). Kalau Yazid Jawas, (dia adalah) Salafy, tapi Salafy-nya guncang.”
Selanjutnya, Saya menyebutkan sebagian dari pokok penyimpangan Yazid, yaitu:
- Hubungannya dengan yayasan hizbiyyah,
- Pembelaannya terhadap Ihyâ At-Turâts,
- Hubungannya dengan Yayasan Ash-Shofwah yang berada di bawah kendali gembong Surury, Muhammad Khalaf, yang berasal dari Qashim, Arab Saudi,
- Bergaya “Pramuka” “di sini senang, di sana senang” dan tidak memiliki tamayyuz,
- Juga Saya mengisyaratkan bahwa dia memiliki kesalahan-kesalahan fatal lainnya.
Lalu, di sela-sela jawaban, Saya berkata dengan nada pengingkaran, “Bagaimana (bisa) ada seorang Salafy (yang) begini modelnya?!”
Keempat, menjadi udzur bagi Saya bahwa pengucapan ungkapan tersebut sebagai bentuk perbandingan adalah (riwayat dari) Utsman Ad-Dârimy bahwa beliau bertanya kepada Yahya bin Ma’in tentang (silsilah riwayat) Al-‘Alâ` bin Abdurrahman dari Ayahnya. (Ibnu Ma’in) menjawab, “Laisa bihi ba`sun ‘dia tidak mengapa’.” Saya (Utsman Ad-Dârimy) bertanya, “(Al-‘Alâ`) lebih Engkau sukai ataukah Sa’îd Al-Maqbury? (Ibnu Ma’in) menjawab, “Sa’îd lebih tsiqah ‘terpercaya’, sedangkan Al-‘Alâ` adalah dhaif (lemah).” [Târikh Ad-Dârimy dari Ibnu Ma’in hal. 173-174 melalui kitab Dhawâbith Al-Jarh Wa At-Ta’dîl hal. 43]
Oleh karena itu, terjadi perbedaan jawaban Ibnu Ma’in tentang Al-‘Alâ` ketika (Ibnu Ma’in ditanya tentang objek yang) bersendirian dan (ketika ditanya tentang objek yang) dibandingkan.
Muhammad Zaitun adalah seorang hizby ikhwani surury takfîry, tidak memiliki hubungan sama sekali dengan Salafiyyah, sementara Yazid yang hizby memiliki tulisan-tulisan seputar aqidah Ahlus Sunnah dan pernah duduk di (majelis) Syaikh Ibnu ‘Utsaimin.
Kelima, Saya memiliki banyak kritikan tentang Yazid dalam rentang waktu sepuluh tahun atau bahkan lebih. Saya telah menegaskan dalam banyak majelis dan pelajaran bahwa Yazid adalah hizby, juga Saya memperingatkan manusia terhadapnya. Saya menasihati pula orang-orang yang membela (Yazid) agar kembali ke jalan yang lurus. Hingga sekarang, Saya tetap berkeyakinan bahwa Yazid adalah hizby.
Adapun yang berkaitan dengan sebagian ustadz yang memunculkan polemik dengan memuji Radio Rodja dan sebagian pemateri (di radio) tersebut, Kami telah menasihati beliau dan berulang kali berbicara dengannya, juga Kami telah menegakkan kewajiban nasihat dan persaudaraan. Sebagaimana yang dimaklumi, kesalahan seorang manusia tidaklah dapat dibebankan kepada orang lain karena Allah telah berfirman,
وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَى
“Dan tidaklah seorang akan memikul dosa orang lain.” [Al-An’âm: 164, Al-Isrâ`: 15, Fâthir: 18, Az-Zumar: 7]
Saya memohon kepada Allah untuk memberi taufiq bagi semuanya kepada segala yang Allah cintai dan ridhai, dan mengumpulkan kalimat Kita semua di atas kebenaran. Sesungguhnya Allah Maha Penyayang lagi Maha Pemurah.

url: http://dzulqarnain.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar