Ketika iman bersemi dalam hati sesuai tuntunan syariat, niscaya hati ini rindu terbang ke jannah dan takut siksa neraka

Selasa, 17 April 2012

Menggunakan Obat Untuk Pertumbuhan Jenggot


Pertanyaan: Syaikh yang mulia, ada beberapa obat yang membantu untuk pertumbuhan jenggot secara sempurna. Bolehkah penggunaannya?

Jawab: Penanya menginginkan bahwasanya terkadang pertumbuhan jenggot tidak merata di kedua pipi. Terkadang tumbuh di kedua pipi, sementara dagu yang merupakan tempat
terkumpulnya jenggot, tidak tumbuh sedikitpun. Apakah boleh seseorang mengusahakan untuk tumbuhnya jenggot yang belum tumbuh tersebut?
Maka jawabannya: Kalau dia mengharapkan jenggot tersebut tumbuh dengan sendirinya, maka jangan dia mengusahakan sendiri. Karena ini bukanlah cela, karena banyak dari pemuda yang jenggotnya baru mulai tumbuh, jenggot tidak tumbuh secara serentak dan bersamaan. Maka yang seperti ini dia menunggu. Adapun kalau ternyata ini adalah cela,dimana kita mengetahui dan tidak punya harapan lagi untuk tumbuh dengan sendirinya, maka tidak mengapa baginya untuk menggunakan obat agar jenggot yang selebihnya bisa tumbuh. Terutama jika hal tersebut menjadikan wajah terlihat jelek. Adapun kalau tidak demikian, maka lebih baik baginya untuk tidak menggunakan obat agar tumbuh secara normal.

Penulis : Asy Syaikh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin

Liqo'aat Al Bab Al Maftuh (2/400)
Penerjemah: Ayub Abu Ayub


Tidak ada komentar:

Posting Komentar