oleh karena itulah pada kesempatan ini saya 
 yang ingin mengatakan bagi orang yang bertanya tentang radio rodja 
bahwa cukup bagi kita untuk mendengarkan kajian, muhadhoroh 
ustadz-ustadz kita. Apa yang ada dari ilmu, faedah, pembahasan yang 
dibahas oleh pengisi radio rodja ada pada ustadz-ustdaz kita dan apa 
yang ada pada ustadz-ustadz kita tidak ada pada para pengisi rodja
 (dan itu semua karunia Allah yang Allah berikan kepada siapa yang Allah
 kehendaki). Apa yang ada pada ustadz-ustadz kita dan tidak ada pada 
para pengisi Rodja di antaranya adalah apa yang saya akan sebutkan di 
bawah ini :
1. Ustadz-ustadz kita Alhamdulillah
 sangat menjaga pergaulan mereka, mereka tidak bergaul dengan ahlu 
bid’ah, hizbiyyin, orang-orang menyimpang, yayasan hizbi atau satu 
organisasi dan satu wadah dengannya. Dan seperti inilah manhaj yang haq 
manhaj ahlus sunnah. Mari kita simak perkataan a’imah salaf (para Imam 
Salaf) yang dai-dai rodja mengaku mengikuti mereka..! Tetapi praktek dan
 amalannya menyelisihi bahkan bertolak belakang dengan pengakuannya.
Berkata Abu Qilabah Rahimahullah :
لا تجالسوا أهل الأهواء ، ولا تجادلوهم ، فإني لا آمن أن يغمسوكم في الضلالة ، أو يلبسوا عليكم في الدين بعض ما لبس عليهم
“Janganlah kalian duduk bersama ahlu
 ahwa’ (ahlu bid’ah –ed) dan janganlah mendebat mereka dikarenakan 
sesungguhnya aku tidak merasa aman mereka menjerumuskan (menenggelamkan)
 kesesatan kepada kalian atau menyamarkan (merancukan –ed) kepada kalian
 perkara agama, sebagian perkara agama yang mereka samarkan.” (Asyari’ah Al-Ajuri : 56 – Al Ibnah Ibnu Bathah : 2/437)
قال إسماعيل بن خارجة يحدث قال : دخل رجلان على محمد بن سيرين من أهل الأهواء ، فقالا : يا أبا بكر نحدثك بحديث ؟ قال : لا قالا : فنقرأ عليك آية من كتاب الله عز وجل ؟ قال : لا ، لتقومن عني أو لأقومن
Ismail bin Khorijah menceritakan, 
beliau berkata : “Dua orang dari ahlu ahwa’ (ahlu bid’ah) masuk menemui 
Muhammad bin Siriin mereka berdua berkata : ‘Wahai Abu Bakar, kami akan 
menyampaikan satu hadits kepadamu?’ Berkata (Ibnu Siriin) : ‘Tidak.’ 
Berkata lagi dua orang tersebut : ‘Kami akan membacakan satu ayat 
kepadamu dari Kitabullah (al-Qur’an) Azza Wajjala?’ Berkata (Ibnu 
Siriin) : ‘Tidak. Kalian pergi dariku atau aku yang pergi.’” (Asyari’ah Al-Ajuri : 57 – Al Ibanah Ibnu Bathah : 2/446)
Berkata Imam Al Barbahari Rahimahullah:
فاحذر ثم احذر أهل زمانك خاصة وانظر من تجالس وممن تسمع ومن تصحب فإن الخلق كأنهم في ردة إلا من عصم الله منهم
“Berhati-hatilah dan berhati-hatilah
 kepada orang-orang yang hidup sezaman denganmu secara khusus, dan 
lihatlah siapa teman dudukmu, dan dari siapa engkau mendengar dan dengan
 siapa engkau berteman, dikarenakan manusia hampir saja menjadi murtad 
dari agamanya karena sebab teman bergaulnya kecuali orang yang Allah 
jaga.” (Syarh Sunnah Lilbarbahari)
Adapun dai-dai rodja maka mereka 
bergaul, berteman, bermuamalah dengan yayasan hizbi, ahlu bid’ah, dan 
orang-orang yang menyimpang. Seperti Abu Qatadah, Zaenal Abidin LC, 
Khalid Syamhudi LC dan yang lainnya yang menjadi da’i dan pengisi 
Yayasan Hizbi As-Sofwa Lenteng Agung Jakarta, lihat juga bagaimana 
kelakuan Abu Qatadah yang mengisi bareng, duduk berdampingan satu meja 
dengan Hartono Ahmad Jaiz, Amin Jamaludin di DDII dengan Tema : “Aliran 
dan Paham Sesat di Indonesia” yang ketika itu ana masih ingat  (ketika 
masih ngaji dengan mereka) Amin Jamaludin berbicara membolehkan 
demonstrasi pada majelis tersebut. Begitu juga Abu Qatadah merekrut 
ustadz yang pernah belajar di Abul Hasan Al-Misri yang para ulama telah 
memvonisnya sebagai hizbi, mubtadi’ dan ustadz tersebut belum bertaubat 
darinya dan belum lama ini pun (belum ada satu tahun) Abu Qatadah 
menerima orang yang baru pulang setelah belajar 7 tahun di Markaznya 
Abul Hasan Al Misri di Yaman diterima dan disambut untuk mengajar di 
pondoknya sampai sekarang. Di samping itu Abu Qatadah menyalurkan dana 
ihyaut thurats kepada pondok yang bermanhaj khawarij, Pondok Al-Muaddib 
Cilacap yang di pimpin oleh mertuanya seorang teroris bernama Nurdin M. 
Top yang bernama Baridin.  Begitu juga Yazid Jawwas dan kawan-kawannya 
berkerja sama dengan salah seorang pembesar ikhwani DR. Hidayat 
Nurwahid, sama seorang hizbi Farid Okbah, sama sesepuh sururi dan orang 
yang ditokohkan oleh HASMI (Harakah Sunni Untuk Masyarakat Islam) Taufiq
 Shalih Al Katsiri dalam muraja’ah tafsir ibnu katsir jilid 1 Pustaka 
Imam Syafi’i. Tak ketinggalan Abdul Hakim bin Amir Abdat di antara 
penyimpanggnya dia mengisi satu majelis dengan pembesar atau seseorang 
yang di Syaikhkan dari ihyaut thurats Kuwait di Malaysia. Dan 
contoh-contoh lainnya yang sangat banyak yang hal ini merupakan manhaj 
da’i-da’i rodja sepanjang yang saya ketahui. Dan apa  yang mereka 
lakukan bukanlah sekedar kesalahan “manusiawi“ (seperti lupa, atau tidak
 tahu itu seorang hizbi, atau seorang yang menyimpang, ahlu bid’ah atau 
diundang ngisi tanpa tahu ada pembicara selain dirinya ternyata ada 
pembicara lain dari kalangan orang-orang yang menyimpang atau ahlu 
bid’ah atau kesalahan yang mereka telah ruju’ darinya dan lain-lain) 
tidak, tetapi yang saya sebutkan ini adalah manhaj mereka. 
Mereka tahu penyimpangan Ihyaut Thurats, As-Sofwa, DDII, Al-Irsyad, 
L-Data, Taruna Al-Qur’an, Abdurrahman Abdul Khaliq, Abul Hasan Al-Misri,
 Thariq Suwaidan, Hidayat Nurwahid, Amin Jamaluddin, Taufiq Shalih 
Al-Katsiri, Yusuf Utsman Ba’isa dan yang lainnya tetapi mereka tetap 
bermuamalah dengan mereka bahkan membela sebagian mereka.Wallahu musta’an.
2. Alhamdulillah ustadz-ustadz kita,  
sikap mereka tegas dengan ahlu bid’ah apalagi sama tokoh dan para 
pembesarnya, hal ini bisa kita lihat dan dengarkan dalam ceramah-ceramah
 mereka dalam muhadhoroh-muhadhoroh mereka yang tak jarang memberi 
peringatan kepada ummat dari bahaya ahlu bid’ah. Hal ini yang tidak ada 
pada mereka (ustadz-ustadz rodja), secara umum pengisi radio rodja 
-sebatas yang ana tahu- plintat plintut dalam menyikapi sebagian ahlu 
bid’ah, tidak membantahnya atau diam atas penyimpangan mereka, seperti 
tidak membantah atau diam atas penyimpangan Abdurrahman Abdul Khaliq, 
Abul Hasan Al Misri dan yang lainya sebagaimana diamnya Firanda MA, 
Abdullah Taslim MA dan  selainnya atas kesesatan dan penyimpangan 
Abdurrahman Abdul Khaliq dan Yayasan Ihyaut Thurats yang mereka berdua 
mengaku mengetahui dan mempunyai bukti-bukti kesesatan Abdurrahman Abdul
 Khaliq dan penyimpangan yang ada di tubuh Ihyaut Thurats. Bahkan salah 
seorang dari pembicara rutin radio rodja yaitu Ali Subana
 malah memuji seorang ahlu bid’ah dan bahkan pembesar ahlu bid’ah pada 
zaman ini yaitu DR. Yusuf Al-Qardhawi. Sebagaimana hal ini diceritakan 
oleh salah seorang ikhwan yang dulu pernah tinggal bersama keluarganya 
di Qatar dan dia ikut majelisnya Ali Subana di sana. Suatu ketika Ali 
Subana pernah ditanya tentang Yusuf Qardhawi dengan pertanyaan, 
‘Siapakah Yusuf Qardhawi?’ Kata seorang penanya yang ikut di majelisnya 
di Qatar, lalu Ali Subana menjawab, “Yusuf Qardhawi termasuk ulama pada abad ini.”
 Lalu ikhwan kita ini berkata ketika menceritakannya kepada saya : “Ana 
mendengar sendiri dengan telinga ana bahwa Ali Subana menjawab seperti 
itu.”
Atau cerita salah seorang ikhwan dari 
Jakarta yang baru saja mengenal ta’lim satu sampai dua tahun yang pernah
 bertanya kepada ana tentang radio rodja, lalu ana jelaskan tentang 
pemateri di radio Rodja sampai tentang Ali Subana yang memuji Yusuf 
Qardhawi lalu ia pun berkata: “Ia.., ana pernah dengar di radio 
rodja Ali Subana menukilkan perkataan Yusuf Qardhawi ana pun kaget 
setahu ana Yusuf Qardhawi sesat.”
Insya Allah kita semua tahu siapa DR. 
Yusuf Qardhawi, seorang tokoh dan pembesar ikhwanul muslimin, seorang 
tokoh sesat yang sangat terkenal yang sangat jelas kesesatannya, kalau 
yang seperti ini saja masih direkomendasi sama salah seorang dari 
pembicara radio Rodja lalu bagaimana dengan tokoh sesat  dan menyimpang 
lainnya..?! Di antaranya seperti Ali Hasan bin Abdul Hamid dan Salim bin
 Ied Al-Hilali jelas lebih mereka rekomendasi dan bela walaupun para 
ulama telah menjarhnya dan sebagian telah mentabdi’nya.
3. Alhamdulillah ustadz-ustadz 
kita tidak ada yang mengambil dana dari yayasan hizb penyebar manhaj 
khawarij Ihyaut Thurats bahkan ustadz-ustadz kita memperingatkan dari 
bahaya bermuamalah dengan Ihyaut Thurats dan bahaya pendirinya yaitu 
Abdurrahman Abdul Khaliq adapun sebagian mereka mengambil bahkan menjadi
 gembong dan kaki tangan dari yayasan hizbi Ihyaut Thurats seperti Abu 
Qatadah dan Abu Nida LC. Dan lihat juga kelakuan salah satu pembicara 
radio rodja yang bernama Firanda MA. yang membela mati-matian yayasan 
hizbi Ihyaut Thurats, padahal dalam banyak kesempatan dia dan Abdullah 
Taslim MA. mengakui bahwasanya dia mengetahui penyimpangan Ihyaut 
Thurats dan mempunyai data-data penyimpangannya, sekarang kita tanyakan 
kepada mereka Firanda dan Abdullah Taslim yang keduanya menjadi 
pembicara radio rodja, “Mana bantahan kalian terhadap Abdurahman Abdul 
Khaliq atau Ihyaut Thurats atau As Sofwa dalam ceramah, muhadoroh, dan 
tulisan-tulisan kalian..?! Bukankah kalian mengetahui penyimpangan 
Ihyaut Thurats, Abdurahaman Abdul Khaliq sebagaimana pengakuan kalian 
sendiri, lalu mana pengamalanmu pada hadits ini wahai Firanda..?! 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الإِيمَانِ
“Barangsiapa di antara kalian yang 
melihat kemungkaran maka ubahlah dengan tangannya, maka apabila tidak 
bisa ubahlah dengan lisannya, maka apabila tidak bisa maka dengan 
hatinya yang demikian selemah-lemah iman” (HR. Muslim dari Abu Sa’id Al Khudry)
Justru kalian malah membantah orang yang
 membantah ihyaut thurats dan Abdurhaman Abdul Khaliq. Katanya kalian 
tahu tentang penyimpangan Abdurahman Abdul Khaliq dan ihyaut thurats, 
lalu kenapa tidak membantah, menjelaskan penyimpangan orang yang 
melakukan penyimpangan (Abdurrahaman Abdul Khaliq) supaya ummat secara 
sebab selamat dari bahaya penyimpangan mereka, kok malah membantah orang
 yang membantah penyimpangan Abdurahman Abdul Khaliq dan Ihyaut Thurats.
 Kemana akal sehatmu wahai Firanda..!
4. Ustadz-ustdaz kita Alhamdulillah
 menjaga pakaiannya dan adab-adabnya dengan memakai sarung atau jubah di
 kesehariannya, adapun sebagian mereka (pengisi) radio rodja tidak 
sedikit yang memakai banthalun, atau bahkan celana yang agak ketat yang 
memperlihatkan lekuk tubuh mereka (maaf –pantat mereka-) bahkan ketika 
shalat dan ta’lim. Saya punya pengalaman buruk ketika masih ikut ta’lim 
dengan salah satu pengisi radio rodja tentang celana banthalun, yang 
saya malu untuk menceritakannya di sini. Wallahu musta’an
Inilah sedikit penjelasan dari saya untuk saudaraku yang bertanya tentang radio rodja yaitu untuk
 mencukupkan dengan mendengar kajian ustadz-ustadz kita karena apa yang 
ada pada pengisi radio rodja dari ilmu dan faedah ada pada ustadz-ustadz
 kita dan sebaliknya apa yang ada pada ustadz-ustadz kita (yang telah 
saya sebutkan di atas) tidak ada pada ustadz-ustadz rodja. 
Selain dari itu sama-sama kita ketahui dari perkataan Ibnu Siriin yang 
Insya Allah menutup “perjumpaan kita”, yang beliau berkata :
إِنَّ هَذَا الْعِلْمَ دِينٌ فَانْظُرُوا عَمَّنْ تَأْخُذُونَ دِينَكُمْ
“Sesunguhnya ilmu ini adalah agama maka perhatikanlah oleh kalian dari siapa kalian mengambil agama kalian.”
Dan perkataan Syaikh ‘Abdullah Mar’i Hafidzahullah : “Jangan
 sampai mereka yang dulunya salafiyyin (ketika mendengar radio rodja 
–ed) menjadi Khalafiyyin (orang menyelisihi manhaj salaf –ed)” (sumber : rekaman pertemuan Tanah Abang Jakarta) .
Wallahu muwwafiq
Ditulis oleh : Abu Ibrahim Abdullah bin Mudakir
sumber: http://nikahmudayuk.wordpress.com/2011/12/30/untukmu-yang-masih-bertanya-tentang-radio-rodja/
sumber: http://nikahmudayuk.wordpress.com/2011/12/30/untukmu-yang-masih-bertanya-tentang-radio-rodja/




pikiran sempit
BalasHapushanya ikut ikutan doang to mas mas,,ngga inisiatif, justru ustadz ustadz andalah yang sebenarnya merasa kebakaran jenggot, karena semakin kalian menjelek jelekan radio rodja, semakin hari pendengar radio rodja Alhamdullilah semakin banyak,lha wong ustadz ustadz kalian aja juga di anggap sesat and hizbi juga ternyata oleh pihak isnad.net,,,tuh akhirnya antum bingung sendiri jadinya,,
BalasHapusbismillah.
BalasHapus'afwan, boleh saya minta script untuk radio online yang antum pakai.
misalnya script untuk radio al atsariyyah dan an nash radio...
jazakallohu khoiron...
sampean sinting yo mas?
BalasHapusLuqman Ba'abduh..bukankah beliau telah di Jarh oleh Syaikh Rabi Madkhali Hafidzhahullah..bahkan sampai sekarang belum di cabut Jarh tersebut oleh Syaikh Rabi..Syaikh Rabi menjarh keras Luqman Ba'abduh,Beliau -Hafidzhahullah- menyatakan "saya takut sesungguhnya a Luqman ini adalah ikwani berpakaian salafy " bukan hanya Syaikh Rabi namun juga Syaikh Muhammad bin Hadi Al Madkhali juga meniai bahwa Luqman adalah seorang Ahli Hizbi.Tidak cukup disitu bahkan Syaikh Muqbil Rahimahullah juga mencoret Luqman Ba'abduh.hanya ada 2 kemungkinan orang yang di coret oleh Syaikh Muqbil..Dia seorang hizbi atau seorang yang menyimpang (sumber isnad.net).. 3 ulama menjarh beliau..subhanallah..dan anda mengatakan
BalasHapus" apa yang ada pada pengisi radio rodja dari ilmu dan faedah ada pada ustadz-ustadz kita dan sebaliknya apa yang ada pada ustadz-ustadz kita (yang telah saya sebutkan di atas) tidak ada pada ustadz-ustadz rodja"
La hawla walla quwwata illa billah.. saya jadi teringat suatu hadist : " “Wahai sekalian orang yang mengaku berislam dengan lisannya dan iman itu belum sampai ke dalam hatinya. Janganlah kalian menyakiti kaum muslimin, janganlah menjelekkan mereka, jangan mencari-cari aurat mereka. Karena orang yang suka mencari-cari aurat saudaranya sesema muslim, Allah akan mencari-cari auratnya. Dan siapa yang dicari-cari auratnya oleh Allah, niscaya Allah akan membongkarnya walau ia berada di tengah tempat tinggalnya.” (HR. At-Tirmidzi no. 2032, dihasankan Asy-Syaikh Muqbil dalam Ash-Shahihul Musnad Mimma Laisa fish Shahihain, hadits no. 725, 1/581)
berapa lama kalian telah menyibukkan diri kalian dengan aib-aib suadara kalian.. sekarang asatidz mana yang akan menjadi rujukan kalian? Allahul Musta'an.
Bint Abdullah